Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

PT. Asietex Sinar Indopratama Tak Miliki Satgas COVID-19, Cellica: Perusahaan Terparah Sepanjang Sejarah Pandemi

Karawang, AlexaNews.co.id – Guna menekan tingginya angka penyebaran kasus positif COVID-19 berbagai upaya pencegahan dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang. Akan tetapi, ada saja perusahaan-perusahaan di Karawang yang tidak melaporkan kasus positif karyawannya terkonfirmasi virus Corona.

Oleh karenanya, tim Satgas Penanganan COVID-19 Karawang yang dipimpin langsung Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, gencar melakukan Inspeksi mendadak (sidak) dengan sasaran perusahaan-perusaan yang dianggap “Bandel”.

Dalam sidaknya kali ini, Bupati Cellica menyasar industri tekstil rajutan di PT. Asietex Sinar Indopratama yang berlokasi di Jalan Interchange Dawuan Nomor 2, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin (05/07/2021).

Di perusahan ini, Bupati Cellica memarahi salah seorang pihak manajemen perusahaan. Bahkan, Bupati Cellica juga meminta nomor telepon pemilik perusahaan untuk melakukan sambungan komunikasi melalui video call dan memintanya untuk hadir dalam panggilan sidang di kantor Pemkab Karawang.

“Pokoknya bapak harus datang besok. Saya tegaskan, mau habis pulang dari Amerika, mau dari Dubai, pokoknya harus datang,” tegas Bupati Cellica kepada pemilik PT. Asietex Sinar Indopratama dalam sambungan video call-nya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menurutnya, PT. Asietex Sinar Indopratama telah mendapatkan sanksi berupa surat peringatan dan proses hukum pidana apabila tidak mengindahkan arahan dari Satgas COVID-19.

“Kami mendapat informasi dari Satgas Cikampek bahwasannya ada perusahaan yang sepanjang sejarah selama pandemi satu tahun setengah, menurut saya ini yang terparah. Perusahaan ini tidak memiliki ketua satgas COVID-19, jadi tidak memiliki klinik, tidak memiliki para nakes dan tidak punya dokter juga,” ungkap Bupati Cellica kepada AlexaNews.co.id, Selasa (06/07/2021).

Selain kecewa, Bupati Cellica juga menyesalkan kebijakan pihak PT. Asietex Sinar Indopratama yang kedapatan tidak memiliki tim Satgas COVID-19.

“Jujur saya sangat kecewa terhadap perusahaan ini, kami panggil langsung secara prosedur hukum akan tindaklanjuti. Karena agar supaya menjadi pembelajaran meski semua ini bisa diperbaiki nunggu nanti besok teknisnya, karena saat ini saya hanya dihadapkan dengan HRD nya saja yang tidak mengerti apa-apa,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, dari 1.200 total karyawannya ini, kata Bupati Cellica, ada sekitar 50 karyawan PT. Asietex Sinar Indopratama yang positif COVID-19 dan tidak melakukan pelaporan. Parahnya lagi, kondisi di lapangan yang terjadi bahwa perusahaan ini tidak memonitor karyawannya sendiri.

“Kami mengetahuinya dari kepala Puskesmas dan jumlahnya cukup banyak, kurang lebih sekitar 50 orang (positif Corona). Namun hingga (angka) pastinya, kami kesulitan mentracing, testing, treatmen, dan itu juga akan membingungkan kami,” terangnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Untuk melakukan langkah-langkah kebijakan selanjutnya, serta mengevaluasi kembali bahwa ini adalah tanggung jawab kita semua dan punya seperti Kalacak dan selainnya,” jelasnya.

Salah seorang pihak managemen yang sempat dimarahi Bupati Cellica yakni Supervisor HRD PT. Asietex Sinar Indopratama, Rizky Andri ketika dikonfirmasi awak media usai sidak, tidak ingin menjelaskan secara rinci apa yang sedang dialami oleh perusahaannya tersebut.

“Untuk lebih jelasnya menunggu, karena nanti akan diperdalam keterangan lebih lanjutnya. Untuk yang terkonfirmasi, sekitar 50 karyawan positif dalam dua bulan terakhir dari jumlah 1.200 karyawan dan belum ada yang meninggal. Masalah ini cuma kurang komunikasi kami dengan top manajemen aja, awalnya itu, kalau lebih jelasnya besok yah,” tandasnya. (Gusti Djunot/Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, AlexaNews.ID – Kebahagiaan dan semangat anak-anak untuk sekolah diharapkan dapat dikawal dengan baik oleh orang tua dan pihak sekolah, termasuk pemerintah desa dan...

Berita

Karawang, AlexaNews.ID – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karawang ke-388 tahun yang bertepatan jatuh pada 14 September, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mendapatkan bantuan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) untuk tiga lokasi. Bantuan tersebut didapat dari Kementerian Koordinator Bidang...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh memberikan apresiasinya terhadap peranan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karawang yang bisa menjembatani komunikasi antara...

Advertisement