Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Berbagai Benih Sayuran Disebar, Distan Karawang: Perkuat Ketahanan Pangan

Ilustrasi benih sayuran. Foto: Ist.

Karawang, AlexaNews.ID – Dalam sepekan terakhir, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karawang menyebar berbagai benih sayuran kepada masyarakat dan sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan), Kelompok Wanita Tani (KWT), serta Kantor UPTD Pertanian di 30 kecamatan yang ada di Karawang. Pendistribusian berbagai benih sayuran yang dilakukan Distan Karawang, diketahui guna memperkuat ketahanan pangan di Karawang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Distan Karawang, Edi Suryana mengatakan, kini pihaknya tengah membagikan berbagai benih sayuran yang fleksibel untuk ditanam dan dirawat secara mandiri oleh masyarakat umum. Khususnya, para petani sayuran di Karawang.

“Sudah kita distribusikan sepekan terakhir kepada sejumlah kantor penyuluh di tiap-tiap kecamatan, Poktan, dan para Kelompok Wani Tani (KWT) Kabupaten Karawang,” terang Edi Suryana dalam keterangan tertulisnya kepada awak media baru-baru ini, Rabu (25/08/2021).

Adapun bantuan tersebut, kata Edi, yaitu berupa benih cabe merah, cengek, terong, dan kangkung.

“Bantuan ini dianggarkan melalui APBD Kabupaten. Berikut dengan sarana perawatan berupa polybag dan pupuk organik cair, itu dilakukan selama masa pertumbuhan (benih-benih sayuran, red),” katanya.

Ilustrasi penanaman benih sayuran. Foto: Ist.

Sejauh ini, sambung dia, untuk distribusi bantuan tersebut baru tersebar di 8 kecamatan dan ditargetkan akan selesai pada pertengahan September mendatang.

“Masing-masing kecamatan, kita berikan di tiga titik. Dan pada September nanti, kita targetkan sudah terdistribusi semua,” kata Edi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain menjadi contoh pertanaman di lingkungan pekarangan keluarga, hasil dari sayuran ini menurutnya bisa membantu konsumsi masyarakat Karawang. Baik saat ada kenaikan harga, maupun ada kelangkaan di saat Pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Kami berharap bahwa bantuan benih sayuran di 90 titik ini bisa bermanfaat, terawat, dan berproduksi optimal bagi masyarakat Karawang,” harapnya. (Adv).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Terkait dengan kasus korupsi proyek pembangunan Damparit yang dilakukan instansi pemerintahan di Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karawang saat mengelola bantuan Dana...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Program Agrosolution yang resmi berubah nama menjadi “Makmur” pada 28 Agustus 2021 lalu, dipastikan berdampak positif bagi petani. Hal itu terlihat...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan desa digital Parakan hasil binaan Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Karawang. Peluncuran desa digital ini...

EKONOMI & BISNIS

Karawang, AlexaNews.co.id – Hasil panen petani Karawang di musim panen kali ini, melimpah ruah hingga menghasilkan sekitar 1.3 juta ton gabah kering giling. Hasil...

Advertisement