Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Sambut Program Rutilahu, Warga Apresiasi Pemdes Jayamulya

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Warga penerima bantuan provinsi dalam program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang dialokasikan di wilayah Desa Jayamulya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, disambut antusias warga. Pasalnya, dengan adanya program ini warga penerima program tersebut sangat lah terbantu.

Nung (40), salah satu warga penerima bantuan program rutilahu di Dusun Sungai Ula, Desa Jayamulya, Kecamatan Cibuaya, Karawang misalnya. Ia mengaku sangat terbantu dengan adanya program tersebut.

Menurutnya, dengan adanya program rutilahu, tidak terlepas dari campur tangan Pemerintah Desa (Pemdes) Jayamulya yang menjembatani aspirasi warganya kepada Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. Karenanya, Nung sangat berterimakasih kepada Pemdes Jayamulya atas kerja keras pengajuannya kepada Pemprov Jabar hingga bisa terealisasi tahap pengerjaannya.

“Alhamdulillah, saya mengucapkan terimakasih kepada kepala desa (Kades) beserta jajaran Pemdes Jayamulya, berkat pengajuan program rutilahu ini rumah saya dapat di renovasi. Sehingga yang tadinya rumah saya kurang layak, saat ini sedang dikerjakan untuk menjadi rumah yang layak di tempati. Saya sangat bersyukur dapat program ini dan sangat terbantu atas adanya program rutilahu yang diberikan pada saya,” ucap Nung (40), salah satu penerima program rutilahu yang ditemui di lokasi, Selasa (11/10/2021).

Tak sampai disitu saja, warga penerima manfaat program tersebut pun sangat mengapresiasi dengan adanya keterbukaan informasi publik, yang di mana anggaran program rutilahu itu bisa diketahui oleh masyarakat banyak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di sejumlah lokasi penerima bantuan, masing-masing penerima program rutilahu diberikan pegangan atau rincian surat Rancangan Anggaran Belanja (RAB) fengan mencantumkan bominal jumlah per unit rumahnya.

Dengan kucuran anggaran kisaran Rp. 17.500.000 per setiap rumahnya, total bantuan program itu di Desa Jayamulya berjumlah 60 unit rumah yang akan di renovasi menjadi rumah yang layak huni, dengan proses pengerjaannya dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dikerjakan 30 unit, dan tahap ke dua 30 unit.

“Alhamdulillah, adanya program ini sangat terbantu. Saya dan keluarga sangat mengapresiasi atas adanya program rutilahu dari bantuan Provinsi Jabar ini. Terimaksih pak Kuwu (sebutan untuk seorang Kades) Carwadi dan LPM Desa Jayamulya,” kata seorang warga penerima bantuan tersebut lainnya, Sueb Permana (35).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Jayamulya, Carwadi Adi Saepudin atau yang akrab disapa Kuwu Carwadi menambahkan, masyarakatnya sangat antusias dengan program rutilahu dari provinsi ini karena dari awal tahun 2021, masyarakat sudah lama menunggu adanya bantuan itu.

“Program ini sangat membantu sekali untuk masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah. Harapan kedepannya, mudah-mudahan program ini berlanjut di tahun berikutnya karena masih banyak masyarakat yang belum menerima bantuan serupa di tahun ini,” tambah dia berharap. (Ahmad Shaleh/Boy).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, AlexaNews.ID – Kehidupan seorang wanita lanjut usia (lansia) bernama Mak Kariyem (60), kisah pilunya sangat memprihatinkan bagi semua orang. Pasalnya, nenek asal warga...

Advertisement