Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

7 Tahun Jalani Hukuman Penjara di Lapas Sukamiskin, Mantan Bupati Karawang Bebas

Mantan Bupati Karawang, H. Ade Swara langsung sujud syukur di hadapan keluarga besarnya sesaat setelah keluar dari pintu gerbang Lapas Sukamiskin, Bandung, Minggu (18/07/2021). Foto: Ist.

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Usai menjalani hukuman kurungan penjara selama tujuh tahun di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, akhirnya mantan Bupati Karawang, H. Ade Swara dapat kembali menghirup udara bebas pada Minggu (18/07/2021) pagi.

Isak tangis keluarga pun terus menyeruak mewarnai suasana haru biru di Lapas Sukamiskin saat menanti detik-detik Ade Swara keluar dari dalam lapas

Begitu keluar pintu gerbang Lapas Sukamiskin, sang mantan Bupati Karawang ini pun langsung sujud syukur di hadapan keluarga besarnya yang menjemput.

H. Ade Swara, terpidana tujuh tahun dan denda Rp 400 juta dalam kasus korupsi suap Rp 5 miliar saat menjabat sebagai Bupati Karawang, kebebasannya disambut hangat pelukan istri dan anak-anaknya yang sudah menunggu di pintu keluar gerbang Lapas Sukamiskin, Bandung.

Dengan menggunakan stelan kemeja warna putih dan celana Jeans-nya, Ade Swara melangkah tegap mendatangi anak dan istrinya. Bahkan, hampir seluruh keluarga penjemput tak kuasa untuk membendung air mata kebahagiaan atas bebasnya mantan orang nomor satu di Kabupaten Karawang.

Diungkapkan salah seorang kerabat Ade Swara, Dede Sunarya mengatakan, mantan Bupati Karawang itu tidak akan langsung pulang ke Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang. Namun akan berada di rumahnya di Bandung.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kompak gunakan stelan kemeja berwarna putih dan celana Jeans menyambut kebebasannya, H. Ade Swara beserta keluarga besarnya berswafoto di depan gerbang Lapas Sukamiskin, Bandung, Minggu (18/07/2021). Foto: Ist.

“Nanti beliau pasti akan pulang ke Karawang setelah PPKM Darurat selesai. Untuk sementara ini, beliau akan tinggal di Bandung dulu,” ungkap Dede saat dihubungi AlexaNews.co.id melalui sambungan telepon selularnya.

Setelah bebas dari penjara, kata dia memastikan, H. Ade Swara akan tetap aktif seperti dulu membangun Karawang. Apalagi putrinya, Hj. Gina Fadlia Swara menjabat sebagai anggota DPRD Jabar. “Kolaborasi ayah dan anak yan akan membangun Karawang,” tegasnya.

Seperti diketahui, mantan Bupati Karawang H. Ade Swara bersama istrinya yang akrab disapa Bunda Hj. Nurlatifah Swara, dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi (Tipidkor).

Mereka terbukti menerima suap Rp 5 miliar dari PT. Tatar Kertabumi (anak perusahaan Agung Podomoro Land) yang pada saat itu, perusahaan itu tengah mengurusi surat persetujuan pemanfaatan ruang (SPPR) di Jalan Kertabumi, Karawang.

Ade Swara divonis bersalah oleh Majelis Hakim Pengadilan Pidana Korupsi Bandung dan dijatuhi hukuman enam tahun kurungan penjara serta denda sebanyak Rp 400 juta. Merasa keberatan dengan vonis tersebut, H. Ade Swara mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Meski demikian, MA menolak permohonan kasasi yang diajukan Ade Swara tersebut. Bahkan MA malah menambah vonis hukuman Ade Swara satu tahun lebih lama dari sebelumnya, yaitu menjadi tujuh tahun kurungan penjara dan denda Rp 400 juta. (Gusti Djunot/Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, Alexanews.co.id – Bebasnya mantan Bupati Karawang, H. Ade Swara dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung pada Minggu (18/07/2021) pagi ini, juga disambut penuh...

Berita

Karawang, alexanews.co.id- Sambut hari lahir Kemerdekaan Indonesia yang berusia 75 tahun, Agung Podomoro Land sebagai pengembang nasional kembali memberikan kontribusi untuk negeri ini. Pada...

Berita

Karawang, alexanews.co.id– Kota Kertabumi merupakan salah satu Proyek Agung Podomoro Land di Karawang. Menggelar Grand Launching bertempat di Site Project Kota Kertabumi Jl. Kertabumi...

Berita

Karawang, alexanews.co.id – Pesatnya perkembangan sektor industri di Karawang barat membuat kebutuhan akan properti meningkat. Perkembangan Kota Karawang yang begitu pesat didukung pula oleh...

Advertisement