Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Demi Puluhan Juta Rupiah, Kades di Karawang Rela Rumahnya Disewa jadi Tempat Isoman

Rumah berukuran 11 x 8 meter dan memiliki halaman cukup luas milik Kades Rakhman yang rela disewa Pemdes Kedungjeruk mencapai Rp 45 juta untuk jadi tempat Isoman. Foto: A. Shaleh.

Karawang, AlexaNews.co.id – Kepala Desa (Kades) Kedungjeruk, H. Rakhman rela mengosongkan rumah yang ditempati anak dan menantunya untuk disewakan menjadi tempat isolasi mandiri (isoman) bagi warga Desa Kedungjeruk, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Menurut Rakhman, hal itu dilakukannya sebagai bentuk upaya Pemerintahan Desa (Pemdes) Kedungjeruk dalam penanganan dan pencegahan sebaran Covid-19 di desanya.

“Ya, rumah ini nantinya disiapkan untuk warga yang terpapar virus Corona guna melakukan isoman. Ini salah satu upaya kami (Pemdes Kedungjeruk, red) dalam menangani sebaran Covid-19,” ungkap Kades Kedungjeruk, H. Rakhman saat ditemui wartawan AlexaNews.co.id di lokasi rumah isoman, Jumat (30/07/2021).

Dari pantauan wartawan di lokasi, pihaknya tidak hanya menyiapkan sebuah rumah berikut tiga ruang kamar tidur dan termasuk pos jaga di halaman depan rumahnya namun, bangunan rumah berukuran 11 x 8 meter ini dilengkapi sejumlah fasilitas lainnya sebagai penunjang alat kesehatan dalam penanganan pasien Covid-19 bergejala ringan.

“Ke-tiga ruangan kamar tidur di rumah ini dilengkapi dengan tiga tabung oksigen. Sementara fasilitas lain yang kami siapkan, di antaranya ialah alat pelindung diri (APD), masker, cairan disinfektan, air bersih, peralatan makan, dan lain-lainnya,” terang Rakhman.

Sejumlah perangkat Desa Kedungjeruk tengah berswafoto di rumah sewaan penanganan pasien Covid-19. Foto; A. Shaleh.

Selain itu, kata Rakhman, halaman depan rumah menurutnya cukup luas dan akan disiapkan sejumlah kursi yang dapat digunakan warga untuk berjemur di bawah terik matahari pagi yang menyehatkan.

“Tiga tabung oksigen itu untuk berjaga-jaga apabila nantinya sudah digunakan warga menjadi tempat isoman, namun kondisi warga tersebut sangat membutuhkan bantuan suplay oksigen guna menunjang pernafasan si pasien akibat sesak nafas (efek yang ditimbulkan wabah Covid-19) itu,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lebih jauh dia menjelaskan, apabila kondisi di Puskesmas yang ada di Kecamatan Cibuaya banyak dipenuhi pasien Covid-19, rumah isoman di desanya tersebut bakal disiapkan bagi pasien penderita Covid-19.

“Seumpamanya, kalau di Puskesmas sudah penuh kemudian disini kosong, silahkan bawa kesini pasien Covid-19 itu. Walaupun bukan warga di Desa Kedungjeruk, tapi jika memang dibutuhkan dan daripada kosong tidak digunakan karena tidak ada warga desa yang terpapar virus Corona, yah silahkan bawa kesini dan tidak apa-apa pastinya,” ujarnya.

Kondisi depan rumah isoman sewaan Pemdes Kedungjeruk, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. Foto: A. Shaleh.

Bangunan rumah terbilang idealis ini, diketahui milik Kades Kedungjeruk yakni H. Rakhman. Di mana rumah tersebut, sebelumnya di tempati oleh anak beserta menantunya hingga dikosongkan oleh sang kades, dan kini telah dijadikan tempat isoman bagi warga sekitar.

“Untuk masyarakat yang menjalani isoman disini, semua biaya makannya sudah ditanggung Pemdes Kedungjeruk. Termasuk sejumlah obat-obatan dan vitamin lainnya, selama melakukan isoman di rumah ini,” kata dia.

Dalam penelusuran wartawan di lokasi, usut punya usut rupanya motif sang Kades Rakhman mengosongkan rumahnya kemudian dijadikan tempat isoman warga ini, diduga karena adanya sejumlah nominal uang mencapai puluhan juta rupiah yang masuk ke kantong pribadinya.

Meski tidak disebutkan keberadaan anak beserta menantunya, dan juga tidak disebutkan dengan jelas terkait harga sewa rumah yang menjadi tempat isoman ini apakah telah di musyawarahkan melalui Musrembangdes Kedungneruk dalam pengalokasian anggarannya?.

Namun yang pasti sejumlah nominal uang mencapai puluhan juta rupiah masuk ke kantong pribadinya. Sebab berdasarkan pengakuan Rakhman menyebutkan, bahwa ada anggaran Desa Kedungjeruk yang dialokasikan untuk sewa rumah isoman.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Anggaran rumah sewa ini, sumbernya dari (pengalokasian) anggaran Dana Desa (DD) Kedungjeruk. Nilai untuk semuanya (harga sewa rumah dan lain-lainnya, red), total Rp 45 juta per tahunnya,” tutup Rakhman mengakhiri pernyataannya itu.

Hal serupa itu seperti diberitakan meja redaksi Kantor Berita AlexaNews.co.id sebelumnya, yaitu dimasa pandemi Covid-19 yang masih terjadi di bumi pertiwi khususnya di bumi pangkal perjuangan, Kabupaten Karawang, berbagai polemik kontra diktif akan penanganan virus Corona terus bergulir kencang.

Sejumlah pro-kontra yang berkaitan dengan bisnis Covid-19 ini terus disoroti banyak pihak hingga menyita perhatian seluruh masyarakat di Karawang. Satu di antaranya ialah, soal beberapa modus baru yang digunakan untuk melancarkan “Bisnis Haram” Covid-19 dan diduga dilakukan oknum pejabat Pemkab Karawang.

“Saya minta kepada Kasi Intel Kejakasaan Negeri (Kejari) Karawang untuk dapat dan segera memangil beberapa pihak terkait. Tidak perlu lagi menunggu laporan pengaduan dari korban. Karena dulu sempat ramai cashback sewa hotel. Dan sekarang, muncul modus-modus baru bisnis covid-19 oknum pejabat Karawang,” kata Asep Agustian SH, MH., praktisi hukum sekaligus pemerhati pemerintahan di Karawang. (Ahmad Shaleh/Not/Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh memberikan apresiasinya terhadap peranan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karawang yang bisa menjembatani komunikasi antara...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Sebanyak 300 paket bantuan berupa buah-buahan, disalurkan PT. Pupuk Kujang Cikampek (PKC) kepada ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Karawang. Hal itu...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Angka kesembuhan terhadap pasien Covid-19 di Kabupaten Karawang, terus menunjukan grafik yang positif. Dari data yang dihimpun, per tanggal 18 Agustus...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang, menggelar vaksinasi Covid-19 untuk ratusan seniman dan budayawan di Karawang. Kegiatan vaksinasi yang digelar...

Advertisement