Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Diragukan Cellica, Kepala BPS Karawang: Kami Tidak Sembarang Mengeluarkan Data

Kepala BPS Karawang, Budi Cahyono.

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Karawang, Budi Cahyono mengklarifikasi soal ungkapan Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dan Direktur Alexa Corruption Watch (ACW), Ferry Alexi Dharmawan yang menuai keraguan atas data kemiskinan ekstrem yang telah dikeluarkan oleh pihaknya (BPS Karawang, red). Pasalnya data yang dipublish tersebut, bukan data sembarangan yang asal-asalan dikeluarkan.

“BPS merilis data secara makro, tidak by name by adress. Kami tidak sembarangan mengeluarkan data,” tegas Budi saat ditemui di kantornya, Rabu (06/10/2021).

Menurutnya, BPS Karawang hanya sebagai pelaksana, yang di mana dalam perihal pelaksanaannya itu sama dengan sejumlah intansi lainnya seperti TNI-POLRI maupun Kementerian Agama (Kemenag).

Disinggung soal validasi data kemiskinan yang baru-baru ini menyebutkan bahwa Kabupaten Karawang masuk dalam peringkat ke-5 sebagai daerah dengan kemiskinan ekstrem, Budi menyebut bahwa hal itu sudah benar sesuai dengan data.

Terlebih data yang dikeluarkan BPS Karawang, bertujuan baik untuk percepatan ekonomi dan sosial bagi masyarakat Karawang.

Namun ketika disinggung tentang keraguan Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana beserta sejumlah pihak termasuk Direktur ACW, Ferry Alexi Dharmawan atas pernyataannya yang meragukan kinerja BPS Karawang karena validasi datanya menuai berbagai polemik, Budi mengaku enggan menanggapi hal tersebut lebih jauh.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bahkan, aku Budi, pihaknya sangat mendukung langkah yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang terkait dengan rencana singkronisasi data kemiskinan di Kota Pangkal Perjuangan.

“Soal keraguan data, itu wewenangnya beliau (Bupati Cellica dan Direktur ACW, red). Saya tidak bisa intervensi (pernyataan bupati dan ACW yang meragukan data di BPS soal angka kemiskinan, red). Kami dari BPS, hanya sebagai tukang potret dalam bentuk data,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengaku meragukan data dari TNP2K. Karena menurutnya, dari hasil yang didapat dari 25 kepala desa yang disebut terdapat warga miskin ekstrem, mayoritas meragukan data kemiskinan di Kabupaten Karawang tak sebanyak yang disebutkan pemerintah pusat.

“Ada (kemiskinan ekstrem), tapi sebanyak itu,” cetus Cellica dengan singkat.

Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana.

Berdasarkan data pemerintah pusat, kemiskinan ekstrem di Kabupaten Karawang sebesar 4,51 persen. Jumlah warga yang masuk penduduk miskin ekstrem sebanyak 106.780. Jika dibagi 25, maka masing-masing desa rata-rata warga yang miskin ekstrem ada 4.200.

Untuk memvalidasi data, kata Cellica, seluruh kepala desa (kades) diminta untuk mendata ulang tingkat perekonomian penduduknya.

“Nanti kita sinkronisasikan dengan data BPS di minggu depan, data akan turun minggu depan. Kita belum tahu, yang dimaksud sekian ribu orang itu, mana data cpcl-nya nanti kita sinkronkan dengan data di kita (Pemkab Karawang),” terangnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Jika data tersebut ternyata sinkron, kata dia, maka Pemkab Karawang akan melakukan intervensi ke 25 desa itu. Misalnya bantuan program pengentasan kemiskinan atau bantuan lain.

“Kita sudah membentuk tim khusus agar bantuan yang diberikan sesuai kebutuhan. Misalnya, daerah peternakan tidak mungkin diberikan bantuan pertanian,” tegas Cellica. (Boy).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Peraturan Daerah (Perda) Pengendalian, Pengawasan, dan Pembatasan Peredaran Minuman Beralkohol, akan diterbitkan di Kabupaten Karawang. Hal tersebut diungkapkan Dedi Rustandi selaku Wakil...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono memastikan, bahwa pihaknya tetap akan melakukan proses hukum terhadap enam pelajar yang terlibat aksi tawuran dengan...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Karawang, Budi Cahyono mengungkapkan bahwa data kemiskinan ekstrem di Kabupaten Karawang dihitung dari 1.040 sampel rumah...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Direktur Alexa Corruption Watch (ACW), Ferry Alexi Dharmawan memastikan bahwa tidak seharusnya Kabupaten Karawang masuk dalam daftar 5 kabupaten/kota se-Jawa Barat...

Advertisement