Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Gelar Rakor, Pemda dan DPRD Karawang Putar Otak Cegah Sebaran Covid-19

Karawang, Alexanews.co.id – Meski sudah diterapkannya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, namun kasus lonjakan Covid-19 di Kabupaten Karawang kian tak terbendung. Karenanya, Pemerintah Daerah  (Pemda) Karawang bersama DPRD Karawang terus bekerja keras memutar otak untuk mencegah penyebaran wabah tersebut.

Bertempat di Gedung Seni Budaya Pemda Karawang belum lama ini, Pemda Karawang bersama sejumlah pimpinan DPRD Karawang, menggelar rapat koordinasi (rakor) untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan PPKM Darurat.

Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Karawang, H. Endang Sodikin (HES) menyampaikan, hasil kunjungannya ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas beberapa waktu lalu dengan menampung sejumlah aspirasi masyarakat terkait sulitnya mendapat obat-obatan bagi masyarakat yang sedang isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Dan selama beberapa hari anggota para wakil rakyat turun langsung mengecek kondisi di lapangan, setiap Puskesmas kekurangan tenaga kesehatan (nakes) karena banyak yang mulai tumbang akibat terpapar serta kekurangan peti mati hingga mempercepat insentif honor nakes juga tak kunjung nampak.

“Kita selama 3 hari turun ke lapangan untuk menyerap aspirasi ke setiap RS dan Puskesmas, hasilnya bahwa yang menjadi kendala di lapangan yaitu rata-rata masyarakat yang sedang isoman di rumah mengeluhkan persoalan obat antivirus yang sangat langka untuk didapatkannya,” ungkap HES belum lama ini.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Diungkapkan dia, banyaknya sejumlah nakes yang melakukan isoman, membuat pihaknya meminta kepada eksekutif pemerintahan untuk mengambil langkah taktis dengan menyiapkan serta melakukan rekrutmen tenaga bantuan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang.

“Pemda Kabupaten Karawang harus segera mengambil langkah taktis dalam merekrut tenaga bantuan di bidang kesehatan, itu perlu dilakukan karena rata-rata nakes yang ada di RS maupun Puskesmas-puskesmas di Karawang sampai saat ini masih banyak yang masih melakukan Isoman. Sangat memprihatinkan banyak nakes yang tumbang,” ujarnya.

Selain itu, Legislator asal Dapil VI Karawang ini juga meminta kepada Pemda Karawang untuk menyediakan peti jenazah yang layak dan meminta petugas pemulasaran jenazah bagi umat muslim yang meninggal akibat terpapar Covid-19 , harus dibedakan peti jenazahnya.

“Peti jenazahnya harus dibedakan, harus ditopang terlebih dahulu pada jenazah agar menyamping dan mengahadap kiblat dengan posisi kepala jenazah di utara. Karena saya juga khawatir, posisi tersebut ketika diangkat akan berubah sehingga jasad dalam kotak peti mati yang masuk ke liang lahat, posisi mayat itu kondisi menghadap langit dan banyak terjadi. Makanya kami luruskan agar seringnya Dinkes menyampaikan perihal ini kepada RS, klinik-klinik swasta dan Puskesmas,” jelas HES.

Sementara itu, Sekda Acep Jamhuri menjelaskan tujuan rapat tesebut untuk menyamakan persepsi antara Komite Gugus Tugas Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang dengan wakil rakyat (DPRD) Karawang terkait permasalahan penanganan pandemi Covid-19 selama pelaksanaan PPKM Darurat.

“Seluruh perangkat daerah masih terus memfokuskan semua kekuatannya kepada upaya penanganan Covid-19 dan bekerja keras serta terus berkoordinasi dengan semua unsur untuk percepatan penanganan pandemi,” tegas Sekda menandaskan. (Iqi/Red)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Kepala Desa (Kades) Kedungjeruk, H. Rakhman rela mengosongkan rumah yang ditempati anak dan menantunya untuk disewakan menjadi tempat isolasi mandiri (isoman)...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Dimasa pandemi Covid-19 yang masih terjadi di bumi pertiwi khususnya di bumi pangkal perjuangan yaitu Kabupaten Karawang, berbagai polemik yang kontra...

Berita

Jakarta, AlexsaNews.co.id – Kebijakan pemerintah pusat akan membatasi kegiatan masyarakat untuk menekan kasus Covid-19 di Pulau Jawa-Bali di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Bertemakan “Wujudkan Karawang Tangguh Bersih Narkoba dan Anti Radikalisme di Era Pandemi Covid-19”, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karawang menggelar kegiatan...

Advertisement