Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Daerah

Hadapi Skenario Terburuk Pandemi, Pemerintah Pasok Obat Corona dari China dan Mesir

Ilustrasi obat Covid-19 yang diimpor dari sejumlah negara sahabat seperti China, India, Bangladesh, dan Mesir. Foto: Istimewa.

Jakarta, AlexaNews.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, melakukan impor obat-obatan Corona dari berbagai negara sahabat. Hal itu dilakukan pemerintah sebagai upaya mengantisipasi jika menghadapi skenario terburuk penambahan kasus positif Covid-19 hingga mencapai angka 100 ribu kasus per hari.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI, Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, saat ini obat-obatan Covid-19 yang diimpor tersebut sudah diterbangkan menggunakan pesawat charteran dari beberapa negara sahabat. Seperti China, India, Bangladesh, hingga Mesir.

“Ada beberapa obat yang sekarang sedang diterbangkan dari berbagai negara, kita charter pesawat untuk membawa obat-obatan impor ini ke Indonesia,” ungkap Luhut pada press briefing daring di kanal Youtube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kamis (15/07/2021).

Terlebih disisi lain alasan pemerintah melakukan impor obat-obatan Corona tersebut, kata Luhut menyampaikan, karena ketersediaan pasokan obat-obatan Covid-19 diestimasikan akan terjadi defisit pada akhir Juli mendatang.

“Dari catatan pemerintah, Favipiravir defisit 12,99 juta dari kebutuhan 19,86 juta, Remdesivir diperkirakan defisit 1,62 juta dari kebutuhan 1,95 juta, Tocilizumab defisit 68.156 dari kebutuhan 70.956,” ungkap dia merinci.

Oleh karenanya, sambung Luhut, apabila pihaknya tidak segera memasok ke empat macam jenis obat Covid-19, pihaknya merasa khawatir akan mempersulit upaya penanganan dan percepatan jika seandainya terjadi harus menghadapi skenario terburuk pandemi.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Ke empat jenis obat Corona yang diimpor dari beberapa negara sahabat ini adalah Remdesivir, Favipiravir, Interleukin-6 Tozillizumab sebanyak 39.000 vials, dan Intravenous Immune Globulin atau IVIG. Bahkan untuk IVIG, juga diestimasikan defisit 1,34 juta dari kebutuhan 1,41 juta,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Luhut menegaskan bahwa pengiriman obat-obatan yang sudah tersedia dan akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat, mulai digelontorkan pemerintah terhitung pada hari ini, Kamis, 15 Juli 2021.

“Untuk memastikan warga mendapatkan bantuan obat-obatan gratis agar kondisnya tidak memburuk dan menjadi pasien bergejala sedang atau berat, merupakan arahan langsung dari Presiden RI, bapak Ir. H. Joko Widodo,” jelasnya.

Pemerintah Indonesia, melakukan impor obat Corona sebagai salah satu upaya antisipasi dari bentuk rancangan strategi pihaknya meski diharapkan tidak terjadi untuk menghadapi skenario terburuk pandemi Covid-19.

Meski lonjakan kasus hal itu tidak diharapkan terjadi di kemudian hari, namun Luhut mengaku pemerintah telah menyiapkan berbagai macam rancangan strategi penanganan dalam mengantisipasi skenario terburuk.

“Kita tidak berharap mencapai 100 ribu kasus sehari jika hadapi skenario terburuk ini meski sudah dirancang sampai ke arah sana,”

Advertisement. Scroll to continue reading.

Seperti diketahui, berdasarkan data pantauan Satgas Covid-19 Nasional pada Rabu (14/07/2021) kemarin, kasus harian Covid-19 di Indonesia kembali telah memecahkan rekor positif hingga 54.517 orang per harinya..

“Kalau bicara worst case (skenario terburuk), pada angka 60 ribu atau lebih ini (rekor kasus harian capai 54.517 orang seharinya, red), kita sudah cukup oke,” singkatnya menegaskan. (Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Menko Maritim dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan yang telah memberikan...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Banyaknya pelanggaran selama aturan PPKM Darurat yang ditemukan di kawasan industri di wilayah Karawang, membuat Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana...

Berita

Jakarta, AlexaNews.co.id – Pemerintah memastikan sudah merancang berbagai strategi penanganan Covid-19 jika menghadapi skenario terburuk akan terjadinya badai pandemi yang mengakibatkan sebaran virus Corona...

Berita

Jakarta, AlexaNews.co.id – Pemerintah pusat yang akhir-akhir ini dikabarkan tengah bersiap untuk menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro secara darurat di Pulau...

Advertisement