Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Heboh Video Viral Vaksinasi Petugas Puskesmas ada Kejanggalan, ini Penjelasan Bupati Karawang

Karawang, AlexaNews.co.id – Sebuah adegan vaksinasi di Karawang, Jawa Barat, mendadak heboh hingga viral di sejumlah platform media sosial (medsos). Pasalnya, seorang petugas kesehatan tertangkap rekaman kamera saat menyuntikkan vaksin ke seorang warga, diduga tidak menekan flunger suntikkannya.

Dalam video yang dibagikan akun Instagram @halokrw, disebutkan kejadian tersebut terjadi di sebuah Puskesmas di Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Selasa (13/07/2021).

“Bermula dari seorang pengguna Instagram yang menggunggah video dirinya sedang divaksin. Namun, ada temannya yang melihat kejanggalan dalam video tersebut. Yaitu jarum ditusukkan ke lengan penerima vaksin namun langsung dicabut lagi tanpa ada proses menekan ujung bagian atas suntikan (flunger, red) seperti penyuntikan pada umumnya,” tulis akun tersebut seperti dikutip AlexaNews.co.id, Rabu (14/07/2021).

Pengunggah video yang baru menyadari hal tersebut, kemudian mengunggah video itu kembali hingga menjadi ramai. Setelah viral, disebutkan akun tersebut, si pengunggah kembali dipanggil oleh pihak puskesmas. Tak lama kemudian, si pengunggah tersebut mengunggah permohonan maafnya hingga menulis surat pernyataan di atas materai.

“Pihak keluarga yang mengetahui hal itu merasa aneh dan menduga ada percobaan intimidasi yang dilakukan oleh pihak puskesmas kepada anaknya. Sebab, setelah dari puskesmas, anaknya langsung berangkat ke tempat kerja mengaku lemas dan minta dijemput oleh anggota keluarganya. Ketika dijemput, ia langsung lemas berada di pelukkan keluarganya,” tulisnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pihak Dinas Kesehatan Karawang sendiri mengaku sedang melakukan investigasi terkait video viral tersebut. “Tim Dinkes sedang investigasi kasus ini,” kata Kepala Seksi (Kasi) Promosi Dinkes Karawang, dr. Dede Ratna Ningrum.

Masih di hari yang sama, Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana pun ikut turun langsung menindaklanjuti video yang tengah viral di sejumlah platform medsos dengan mendatangi puskesmas pada Selasa (13/07/2021)  petang.

Selain Bupati Karawang, juga nampak kehadiran dari Wakil Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh dan Kasatreskrim Polres Karawang, AKP Oliestha Ageng Wicaksana yang mewakili Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Puskesmas Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang, pada Selasa sore sekira 16.00 WIB.

Namun saat tiba di lokasi, keadaan di Puskesmas sudah dalam kondisi sepi. Kemudian, semua petugas Puskesmas dipanggil untuk datang kembali ke Puskesmas guna dimintai keterangan.

“Kami memanggil seluruh petugas puskesmas untuk mendengar keterangan, untuk mengklarifikasi kejadian. Kami menerima keterangan dari vaksinator bahwa ia sudah melakukan tugasnya sesuai SOP, dan yakin vaksin tersebut masuk ke tubuh penerima vaksin dengan jarum baru atau bukan bekas,” kata Cellica.

Usai dari Puskesmas, Cellica menemui penerima vaksin tersebut ke tempat kerjanya. Hal itu dilakukan agar bisa mendapatkan keterangan dari kedua belah pihak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Cellica mengaku mengedepankan asas praduga tak bersalaha. Ia pun akan melakukan cek laboratorium terhadap penerima vaksin, dan menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada vaksinator jika terbukti melakukan kesalahan.

Namun, sebaliknya jika tak terbukti bersalah akan konsekuensi hukum dan kasusnya akan diserahkan kepada pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti. Cellica berharap agar semuanya bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial, sehingga tak mudah menyebarkan berita yang belum diketahui kebenarannya.

“Semoga semuanya segera ‘clear’ dan lekas baik-baik saja. Kami berharap agar masyarakat untuk tidak ragu dan tetap semangat untuk menjalankan vaksin. Ayo kita semangat vaksin!,” katanya. (Gusti Djunot/Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Nahas, nasib sial menimpa Iwan Suharto (69), seorang pria lanjut usia (lansia) asal warga Perum Gading Elok I, Blok E 4...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan bersama sejumlah rombongan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marvest), dan Kementrian...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana ‘akan’ memberikan beasiswa pendidikan untuk anak yang ditinggal orangtuanya karena telah menjadi korban Covid-19. Saat...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra menyikapi tentang kesiapan yang dilakukan petugas gabungan Satgas Penanganan Covid-19 untuk berjaga di Posko PPKM...

Advertisement