Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Jelang Idul Adha 1442H, Polres Karawang Tambah Pasukan untuk Pertebal Pos Penyekatan

 

Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra saat diwawancara sejumlah awak media di pos penyekatan Tanjungpura Karawang, Jawa Barat, Minggu (18/07/2021). Foto: Gusti Sevta Gumilar.

Karawang, AlexaNews.co.id – Dalam melaksanakan kegiatan penyekatan dan pengetatan di masa penerapan PPKM Darurat, Polres Karawang melakukan penebalan dengan penambahan pasukan di tiga titik lokasi perbatasan Bekasi-Karawang, Jawa Barat. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakkan gelombang kendaraan pemudik menjelang hari raya Idul Adha 1442Hijriyah/2021.

“Untuk hari ini kita pertebal lagi dengan penambahan pasukan guna mengantisipasi terjadinya gelombang arus mudik pada libur lebaran Idul Adha 2021. Ini dilakukan dalam rangka Operasi Aman Nusa dan di masa penerapan PPKM Darurat,” ungkap Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra kepada awak media di pos penyekatan Tanjungpura Karawang, Minggu (18/07/2021) malam.

Menurutnya, dengan adanya penebalan tambahan pasukan yang bersiaga di tiga titik pos penyekatan di wilayah hukum Polres Karawang agar lebih maksimal dan optimal dalam mengantisipasi terjadinya jumlah lonjakkan kendaraan pemudik pada gelombang arus mudik di hari raya Idul Adha 2021.

“Dalam penambahan pasukan ini, kita lakukan penebalan di tiga titik penyekatan yang menjadi perbatasan antara Bekasi dan Karawang. Selain di Tanjungpura, satu titik ada di Pebayuran arah Rengasdengklok dan di Batujaya, itu juga sama penyekatan di perbatasan dengan Bekasi,” katanya.

Oleh sebab itu, kata Rama, pihaknya akan terus memperketat dan mempertebal pos-pos penyekatan untuk peningkatan penjagaan seperti halnya di pos penyekatan Tanjungpura Karawang yang dibantu dan di back-up oleh pasukan TNI-Polri serta Satgas Covid-19 Karawang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Para petugas ini yang biasa melakukan penegekkan dan penindakkan PPKM Darurat di dalam kota, namun pada hari ini kita bagi menjadi dua tim. Tim pertama memback-up teman-teman petugas di Tanjungpura, dan tim yang kedua tetap melaksanakan tugas seperti biasanya yaitu melakukan Operasi Yustisi penegekkan dan penindakkan di masa PPKM Darurat di dalam perkotaan Karawang,” bebernya.

Dari pantauan wartawan di lokasi penyekatan, rata-rata kendaraan didominasi plat B yang terjaring petugas gabungan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang (TNI-Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan) ini diputarbalikkan di Pos Penyekatan Tanjungpura Karawang, Jawa Barat.

“Jadi hari ini kita cukup banyak yang diputarbalilkan petugas karena dari fakta menunjukkan bahwa masih banyak pengendara yang didominasi plat B, hendak ingin melintas menuju ke arah timur.Yah mungkin mereka ingin memperingati hari raya Idul Adha di kampung halamannya,” ucapnya.

Terlihat saat Kapolres memberhentikan salah satu pengendara R2 berplat B yang kemudian hendak diminta untuk putar arah, dengan mata yang berkaca-kaca pengendara ini memohon untuk tidak diputarbalikkan karena ia ingin menemui keluarganya di kampung halaman.

Namun permohonannya itu tak dapat dikabulkan dan terpaksa pengendara tersebut harus memutar balikkan kendaraannya untuk kembali ke daerah asalnya.

“Saya mau pulang banget ke Cirebon pak, lebaran Idul Fitri kemarin saya tidak pulang, masa lebaran Idul Adha juga saya tidak pulang lagi karena terjegal penyekatan yang sangat ketat,” sesal Iman Budiman (43), seorang pengendara R2 yang hendak mudik ke daerah Cirebon, Jawa Barat. (Rizqi Ramdani/Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan bersama sejumlah rombongan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marvest), dan Kementrian...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra menyikapi tentang kesiapan yang dilakukan petugas gabungan Satgas Penanganan Covid-19 untuk berjaga di Posko PPKM...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Guna menindaklanjuti Intruksi Kapolri tentang pembentukan Posko PPKM di pasar tradisional, Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra lakukan pengecekan dan peninjauan...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Selama penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga dilanjutkan dengan relaksasi PPKM level 4 di Kabupaten Karawang, jajaran Kepolisian Resort...

Advertisement