Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Karawang Raih Penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak, Ini Penjelasan Menteri PPPA

Karawang, AlexaNews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Madya di Tahun 2021. Penghargaan tersebut diumumkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) di Jakarta, pada Kamis (29/07/2021) kemarin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Karawang, Ridwan Salam menyampaikan, raihan penghargaan yang naik peringkat dari tahun sebelumnya masih tingkat Pratama ini, merupakan upaya keras  dari semua pihak dalam menciptakan Karawang sebagai KLA.

“Alhamdulillah tahun ini naik peringkat dari Pratama ke Madya. Masih ada peringkat lagi diatasnya yakni Nindya, Utama dan KLA,” ungkap Kepala DP3A Karawang, Ridwan Salam dalam siaran resminya baru-baru ini.

Menurutnya, capaian ini bisa dijadikan motivasi, khususnya untuk DP3A Karawang dalam meningkatkan kualitas hidup yang muaranya menjadikan Kabupaten Karawang sebagai kabupaten maju, bahagia warganya serta memberi rasa aman dan nyaman untuk anak.

“Untuk meraih KLA, kita semua harus bekerja lebih keras lagi. Sebab akan banyak tantangan yang harus kita lalui, maka dukungan dari semua pihak sangat kita butuhkan untuk merealisasikan target  tersebut,” ujarnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, di tahun 2021 ini ada sebanyak 275 daerah mendapat penghargaan kabupaten/kota layak anak (KLA) dari Kemen PPPA. Salah satunya yaitu Kabupaten Karawang yang meraih penghargaan KLA tingkat Madya.

Menggapi hal tersebut, Menteri PPPA, Bintang Puspayoga mengatakan, jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2019 yang penerimanya hanya 249 wilayah.

“Perolehan ini merupakan hasil dari menguatnya peran seluruh pihak dalam memenuhi hak dan melindungi anak-anak di kabupaten/kota masing-masing,” kata Menteri Bintang yang dikutip dari siaran persnya, Senin (01/08/2021).

Melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh tim Kementerian PPPA, tim kementerian/lembaga dan tim independen, kata Bintang menjelaskan, penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

“Evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan. Sebab, KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha,” jelasnya.

Hal tersebut dilakukan dengan terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan. Tujuannya, sambung Bintang, yaitu untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Komitmen lintas sektor menjadi sangat esensial dan menjadi syarat terpenuhinya hak dan perlindungan khusus anak mengingat isu-isu yang melingkupi anak sangat kompleks dan multisektoral. Anak hidup di dalam sebuah sistem yang tak dapat dilepaskan, baik itu keluarga, sekolah, masyarakat, hingga kebijakan,” kata dia.

Adapun dasar hukum pelaksanaan program KLA di Indonesia menjadi lebih kuat setelah diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2021 tentang Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak.

“KLA diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) Perlindungan Anak yang juga didukung UU Pemerintahan Daerah. Sehingga diharapkan, KLA menjadi prioritas dalam pemerintahan daerah. Sehingga seluruh upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak pun harus terintegrasi dengan seluruh sistem yang melingkupi anak, dan untuk itulah dibentuknya KLA,” ucap dia

Selain Kabupaten Karawang, kata Bintang membeberkan, di tahun 2021 ini ada 99 wilayah lainnya yang meraih penghargaan serupa (kategori KLA tingkat Madya, red).

“Peraih KLA tingkat Madya diberikan untuk 100 kabupaten/kota (termasuk Kabupaten Karawang), dan 133 kabupaten/kota lainnya meraih penghargaan kategori KLA tingkat Pratama,” bebernya.

Sedangkan untuk kategori di atasnya, tambahnya, pada tahun 2021 ini pula terdapat 4 kota yang mendapatkan KLA Kategori Utama. “Keempat kota tersebut adalah Kota Surabaya, Kota Yogyakarta, Kota Denpasar, dan Kota Surakarta. Sementara untuk peraih penghargaan KLA tingkat Nindya, diberikan kepada 38 kabupaten/kota,” tambah Menteri Bintang. (Gusti Djunot/Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Daerah

Karawang, AlexaNews.co.id – Guna mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mengikuti Verifikasi Lapangan (Verlap) Hybrid yang diselenggarakan secara virtual oleh Kementerian...

Berita

Purwakarta, AlexaNews.co.id- Konvensi Hak Anak (KHA) mengisyaratkan bahwa pemenuhan hak-hak anak dikelompokkan pada lima kluster, yaitu pertama; hak sipil dan kebebasan, kedua lingkungan keluarga...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id– Kabupaten Karawang memiliki Perda Nomor 4 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak. Namun menurut Anggota Komisi IV DPRD Karawang, Taman mengatakan,...

Advertisement