Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Kasus Proyek Damparit, ACW: Diduga Sejumlah Oknum Pejabat Terlibat Korupsi

Humas Alexa Coruption Watch (ACW), Albana. Foto: Ist.

KARAWANG, AlexaNews.ID – Terkait dengan kasus korupsi proyek pembangunan Damparit yang dilakukan instansi pemerintahan di Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karawang saat mengelola bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) LJ.120.12.2017 pada tahun 2018 senilai Rp 9.228.332.000 yang bersumber dari APBN, disinyalir sejumlah nama disebut ikut terlibat dalam menikmati perkara korupsi itu.

Hal tersebut diungkapkan oleh Humas Alexa Coruption Watch (ACW), Albana dalam keterangan resminya kepada Kantor Berita Redaksi AlexaNews.ID, Senin (13/09/2021) malam.

Dikatakan dia, berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan tim ACW di lapangan, kasus korupsi tersebut disinyalir akan menyeret sejumlah nama dalam tahap penyidikan lanjutan yang dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang, dan selanjutnya akan terbuka dari deretan namanya.

“Dari hasil investigasi kami (tim ACW), dalam kasus ini menemukan sejumlah informasi yang didapatkan dari lapangan, bahwasannya diduga sejumlah nama oknum pejabat Karawang turut serta terlibat dalam menikmati korupsi proyek Damparit,” ungkap Humas ACW, Albana yang mengemukakan hasil investigasinya di perkara tersebut.

Menurut Albana, baru-baru ini tim ACW telah menyampaikan informasi tersebut kepada Aparat Penegak Hukum (APH) di Kejari Karawang. “Untuk nama-nama yang diduga kuat terlibat kasus korupsi proyek Damparit itu, kami sudah menyampaikan informasinya ke penyidik di Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Karawang,” bebernya.

Meski pihak Kejari Karawang telah menetapkan mantan pejabat Distan Karawang berinisial US (60) sebagai tersangka dalam perkara pemangkasan anggaran proyek tersebut dalam konferensi persnya pada Kamis, 22 Juli 2021 kemarin, kata Albana, tim investigasi ACW sudah mencium bahwa perkara itu diduga melibatkan beberapa nama lainnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Nah, berdasarkan data yang sudah kami share ke penyidik Pidsus Kejari, kami menyimpulkan dan meyakini bahwa kasus tindak pidana korupsi (Tipidkor) ini tidak dilakukan sendirian. Melainkan turut melibatkan banyaknya oknum pejabat lainnya, dan kami sudah mengantongi sejumlah bukti oknum pejabat itu,” tandasnya.

Sejumlah penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Karawang, sedang melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Pertanian Karawang, Senin (06/09/2021) pagi. Foto: Tim Redaksi AlexaNews.ID.

Diberitakan sebelumnya, rombongan penyidik Kejari Karawang menggelar penggeledahan di Kantor Distan Karawang guna mencari berkas dokumen asli proyek tersebut. Pengeledahan itu dilakukan sejak pukul 09.30 WIB, dan berakhir pada pukul 15.30 WIB, pada Senin (06/09/2021).

“Iya menurut informasi yang saya terima, masih berkaitan dengan kasus proyek pengadaan Damparit di Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018,” ungkap Ketua ACW, Ferry Alexi Dharmawan yang kebetulan berada di lokasi, dan ikut memantau penggeledahan itu, Senin (06/09/2021).

Namun berkas yang dicari seperti dokumen asli pada proyek pembangunan Damparit di tahun 2018 lalu, dan guna melengkapi hasil pemeriksaan penyidik Pidsus Kejari Karawang itu, kabarnya hilang karena banjir.

“Katanya sih dokumen itu hilang karena banjir, tapi kita lihat nanti hasil penggeledahannya saja. Pemeriksaan (proses penyidikan, red) masih berjalan, dan kita sudah memeriksa sekitar 160 saksi yang terkait masalah pembangunan Damparit,” ungkap Kepala Kejari (Kajari) Karawang, Martha Parulina Berliana. (Rizqi Ramdani/Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Sehari pasca perayaan dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karawang ke-388 tahun, Kantor Bupati Karawang digerudug ratusan massa. Kedatangan mereka...

Berita

Karawang, AlexaNews.ID – Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karawang ke-388 tahun yang bertepatan jatuh pada 14 September, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang mendapatkan bantuan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) untuk tiga lokasi. Bantuan tersebut didapat dari Kementerian Koordinator Bidang...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang, lakukan penggeledahan di Kantor Dinas Pertanian (Distan) Karawang, kabarnya penggeledahan tersebut dilakukan terkait dengan kasus dugaan korupsi...

Advertisement