Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Kunjungi RSKP Karawang, Kakorbinmas Baharkam Polri lakukan Uji Coba Aplikasi SILACAK

Karawang, AlexaNews.co.id – Kakorbinmas Baharkam Polri, Irjen Pol Suwondo Nainggolan bersama sejumlah rombongan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marvest), dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes) melakukan kunjungan dan peninjauan ke Rumah Sakit Khusus Paru (RSKP) Karawang di Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat (30/07/2021).

Selain mengunjungi dan meninjau RSKP Karawang yang berlokasi di Jalan Raya Pantura Jatisari, Desa Jatisari, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, rombongan tersebut langsung melaksanakan uji coba aplikasi SILACAK yang dikeluarkan Kemenkes.

Seperti diketahui, aplikasi SILACAK merupakan sistem informasi pelacakan bagi Tracer Covid-19. Diharapkan aplikasi itu dapat mendukung kegiatan Testing, Tracing dan Treatment (3T) dengan tujuan untuk terselenggaranya upaya percepatan, pencegahan, dan pengendalian Covid-19.

Kegiatan yang diawali kunjungan ke RSKP Karawang kemudian dilanjutkan ke Puskesmas Jatisari untuk melaksanakan uji coba aplikasi SILACAK tersebut, dengan sasarannya sebagai Tracer seperti Babinsa atau Bhabinkamtibmas dan Bintara Remaja (Baja) Polri sebagai pelaksana Tracer Digitalnya. Serta seorang Surveillance Puskesmas yang dilibatkan sebagai petugas pengolah data.

Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra yang turut mendampingi dan memonitor kegiatan uji coba aplikasi SILACAK itu menyampaikan, bahwa Tracing atau pelacakan adalah bagian dari upaya 3T yang di mana berguna untuk melengkapi Testing dan Treatment yang dilakukan pemerintah sebagai bagian penanganan Covid-19.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Untuk melengkapi proses Testing dan Treatment yang dilakukan pemerintah dalam penangananCovid-19, maka dibutuhkan bagian Tracing sebagai upaya pelengkap dari 3T,” ungkap Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra didampingi Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf. Medi Hariyo Wibowo dan Wakapolres Karawang, Kompol Ahmad Faisal Pasaribu kepada awak media.

Rama menjelaskan, keberadaan petugas Tracer Covid-19 tentunya bisa sangat memudahkan petugas Puskesmas dalam melakukan pemantauannya terhadap orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien yang terpapar virus Corona.

“Dengan adanya Tracer memudahkan petugas di Puskesmas dalam memantau orang yang pernah kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi Covid-19,” jelas Rama menambahkan.

Di tempat yang sama, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana menyampaikan, dalam melakukan pelacakan sangatlah penting untuk mengidentifikasi waktu dan tempat dari orang-orang yang kontak erat dengan penderita Covid-19.

“Lalu untuk menginformasikan orang-orang yang mungkin terpapar virus Corona, dan mengisolasi orang-orang yang terjangkit Covid-19. Hal ini tentunya untuk mencegah penyebaran lebih lanjut,” terangnya dengan singkat.

Selesai pelaksanaan uji coba aplikasi SILACAK, Kakorbinmas Baharkam Polri bersama rombongan dari dua Kementrian itu melanjutkan serangkaian kegiatannya di wilayah timur Karawang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berlokasi di Perumahan Cikampek Baru, Desa Balonggandu, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, rombongan yang dikomandoi Kakorbinmas lakukan pengecekan PPKM Mikro tingkat RT. (Iqi/Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Tiga pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) spesialis kejahatan jalanan di malam hari, diringkus Tim Buser Unit Reskrim Polsek Karawang Kota. Ketiganya...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Tim Resmob Anaconda Sat Reskrim Polres Karawang meringkus dua orang lelaki karena melakukan pemerasan terhadap salah seorang pedagang pakaian di Dusun Kalijaya,...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Dua pelaku pencurian dengan pemberatan (Curat) diringkus Tim Opsnal Buser Reskrim Polsek Karawang Kota lantaran tertangkap basah tengah melancarkan aksi pembobolannya...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Seorang tersangka berinisial AR alias Abdul (27), pelaku utama dari komplotan begal pencurian disertai kekerasan (Curas) di Karawang yang sempat buron...

Advertisement