Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Nyaris Ricuh, Ini Strategi Jitu “Pak Kapolres” Cegah Supporter Bentrok di Karawang

 

Tangkapan layar detik-detik tim Sabhara Maung Karawang amankan dan bubarkan kelompok supporter yang nyaris bentrok disejumlah titik di Kabupaten Karawang pada Sabtu malam hingga Minggu dinihari (20-21/11/2021). Foto: IG @infokrw.

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Pasca berakhirnya duel panas Derbi Indonesia (El-Clasiconya Indonesia) dengan kemenangan tipis 1-0 yang diraih Persija Jakarta saat menjamu rivalnya Persib Bandung di Stadion Manahan Solo, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (20/11/2021) malam tadi, rekor tak terkalahkan dari tim berjuluk Maung Bandung ini pun harus terpatahkan akibat sontekan gol indah yang disumbangkan Marko Simic di paruh waktu babak pertama hingga peluit panjang babak kedua berbunyi untuk kemenangan tim Macan Kemayoran di laga lanjutan seri ketiga BRI Liga 1 2021/2022. Namun demikian, euforia para pendukung dari kedua kesebelasan itu sempat memicu suasana yang mencekam di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sejumlah video yang viral di sosial media (sosmed), puluhan kendaraan sepeda motor yang diduga dikendarai salah satu kelompok supporter dari tim yang berlaga malam tadi, tengah melakukan aksi konvoi kendaraan dan diduga akan melakukan aksi tawuran disejumlah wilayah di Karawang.

Meski mengganggu arus lalu lintas pengguna jalan hingga nyaris ricuh, namun strategi jitu Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono yang merespon cepat adanya laporan masyarakat melalui program Lapor Pak Kapolres itu pun dapat mengantisipasi terjadinya bentrokan antar kelompok massa supporter di Kabupaten Karawang.

Apel kesiapsiagaan patroli besar kolaborasi jajaran Polres Karawang dengan Resimen C Sat Brimob Polda Jabar dalam mengantisipasi terjadinya bentrokan kelompok supporter di Kabupaten Karawang.

Hal itu terbukti dengan reaksi cepat petugas kepolisian yang membubarkan aksi konvoi kendaraan dari salah satu kelompok supporter diberbagai titik. Selain membubarkan konvoi kawanan kelompok supporter, beberapa diantaranya juga berhasil diamankan petugas kepolisian.

“Sedikitnya ada lima orang pemuda dari salah satu kelompok supporter yang diamankan Tim Sabhara Maung Karawang di perempatan Alun-Alun Karawang, Jalan Tuparev, Kabupaten Karawang, pada Minggu (21/11/2021) dinihari. Mereka ini diduga akan melakukan aksi tawuran antar kelompok massa supporter di wilayah Adiarsa dan Tanjungrasa Barat, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang,” terang Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono dalam keterangan resminya, Minggu (21/11/2021) siang.

Disamping itu juga, kata Aldi, dalam rangka mengelola Harkamtibmas, Polres Karawang beserta polsek-polsek di jajarannya ini terus bergerak untuk mengimplementasikan program Polri Presisi dengan menggandeng Forkompimda Kabupaten Karawang dan stakeholder terkait.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Karenanya, ketika ada kegiatan-kegiatan menonjol seperti acara nonton bareng (nobar) sepakbola atau akan adanya pergerakan massa salah satu kelompok supporter kemudian berujung dengan adanya gangguan Kamtibmas, kami bisa terlebih dahulu mendeteksinya sedini mungkin untuk bisa diantisipasi dengan cepat. Sehingga kondusifitas dan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Karawang ini masih tetap terjaga dengan baik,” jelas Aldi membeberkan strategi jitunya.

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono.

Selain upaya deteksi dini yang dilakukan pihaknya dalam mencegah aksi bentrokan antar kelompok massa supporter dan dikhawatirkan bisa meluas hingga jatuh korban, Aldi menegaskan bahwa pihaknya langsung mengantisipasi hal tersebut dengan sejumlah langkah sesuai kepengelolaan Harkamtibmas di dalam program Polri Presisi.

“Kami sudah mengantisipasinya dengan langkah-langkah yang di antaranya ialah, menyiagakan patroli besar, memantau kantong-kantong kelompok supporter dari kedua kubu, dan memberikan imbauan kepada setiap kubunya agar menjaga serta mewujudkan Harkamtibmas yang kondusif di Kabupaten Karawang,” terang pria yang pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polresta Medan menuturkan.

Selain mengamankan kelima pemuda tersebut, lanjut Aldi, tim Sabhara Maung Karawang bersama Resimen C Sat Brimob Polda Jabar juga berhasil mengamankan tiga unit kendaraan roda dua (KR2) yang ditinggal kabur pemiliknya saat aksi pembubaran dilakukan petugas berseragam polisi di lokasi konvoi supporter.

Patroli besar Polres Karawang dan Sat Brimob Polda Jabar antisipasi kerusuhan supporter di Karawang.

Advertisement

“Tidak ada senjata tajam (sajam) ya, namum satu unit Honda Beat dan Yamaha Fino warna putih-biru, serta satu unit Yamaha Jupiter MX warna hitam-biru, berikut lima pemuda yang berhasil diamankan petugas. Selanjutnya, untuk mereka yang kami amankan ini tentu akan diberikan pembinaan dan orangtuanya juga akan dipanggil,” tegas mantan Pembina Taruna Akademi Polisi (Akpol) ini.

Sementara itu, tim Sabhara Maung Karawang yang berkolaborasi dengan Resimen C Sat Brimob Polda Jabar beserta polsek-polsek di jajaran Polres Karawang, terus melaksanakan patroli preventif secara intens ke sejumlah titik rawan bentrokan antar supporter seperti di kawasan Galuh Mas, Alun-Alun, Adiarsa, Jatirasa, Cikampek, Peruri, Telukjambe dan beberapa wilayah lainnya.

“Kami sadari tentunya kegiatan kelola Harkamtibmas, belum sepenuhnya memberikan kepuasan kepada seluruh masyarakat. Namun dengan tekad yang kuat, kami berupaya maksimal dengan membuat inovasi-inovasi yang mudah diakses publik dalam mewujudkan kedamaian. Dan tentunya kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat, akan membuat kami semakin kuat dalam rangka mewujudkan kedamaian tersebut,” imbuhnya. (Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Polres Karawang akhirnya menetapkan 5 orang tersangka dari anggota Ormas GMPI dan LSM NKRI yang diduga menjadi pelaku pengeroyokan terhadap anggota LSM...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Salah satu korban akibat bentrokan antar ormas yang terjadi di depan Hotel Resinda Jalan Interchange Karawang Barat, dinyatakan meninggal dunia pada...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – DI alias Dadang (37), seorang pedagang buah pisang ini terpaksa berurusan dengan pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Cikampek lantaran diketahui menjadi seorang...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Dalam mengantisipasi terjadinya aksi tindak pidana di malam hari dengan terus memperketat ruang gerak para pelakunya, jajaran personel Polsek Cikampek secara...

Advertisement