Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Daerah

Penunjukan dr. Fitra sebagai Dirut RSUD Karawang Dinilai Terlalu Dini

Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana (kiri), Dirut RSUD Karawang dr. Fitra Hergyana (tengah) dan Wakil Bupati Karawang H. Aep Syaepulloh SE., (kanan).

Karawang, AlexaNews.co.id – Berawal dari unggahan video pernyataan mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Karawang, dr. Nanik Djokjana yang tersebar di jagat maya sosial media (Sosmed) memperkenalkan dr. Fitra Hergyana sebagai Direktur Utama (Dirut) RSUD Karawang, terus menuai reaksi beragam hingga menjadi topik hangat yang diperbincangkan elemen masyarakatdi Kabupaten Karawang.

Dalam pantauan di video tersebut, Jubir Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang ini (dr. Fitra) dikenalkan sebagai Dirut RSUD Karawang oleh dr. Nanik tersebut.

“Perkenalkan, Direktur Utama RSUD Karawang (yang baru, dr. Fitra Hergyana),” ujar Nanik saat memperkenalkan dr. Fitra Hergyana sebagai Dirut RSUD Karawang yang langsung disambut tepuk tangan dari para tamu undangan pada agenda serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Kamis (03/06/2021) kemarin.

Usai memperkenalkan Dirut RSUD Karawang yang baru (dr. Fitra, red), dalam video pernyataannya, Nanik beserta tamu undangan yang mayoritas kalangan pejabat di Dinkes dan RSUD Karawang ini memberikan ucapan selamat kepada dr. Fitra.

Mantan Plt Kadinkes Karawang, dr. Nanik Djokjana (kanan) saat memperkenalkan dr. Fitra Hergyana (kiri) sebagai Direktur Utama (Dirut) RSUD Karawang yang baru.

Selain itu menguatnya pernyataan mantan Plt Kadinkes Karawang itu, menyusul dengan keluarnya Surat Keputusan (SK) Bupati Karawang Nomor: 821.24/Kep.3015/BKPSDM/2021, tentang pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

Pada surat tersebut, tertulis agenda serah terima jabatan (Sertijab) dan pelepasan karyawan purnabhakti yang bertempat di Aula Pangkal Perjuangan RSUD Karawang, pada Jum’at, (04/06/2021) siang kemarin.

Sontak, hal tersebut menjadi perhatian publik hingga menuai reaksi yang beragam dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Karawang. Tidak terkecuali pengamat pemerintah sekaligus seorang praktisi hukum ternama di Karawang yakni Asep Agustian SH, MH., turut angkat bicara.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Menurut pria yang akrab disapa Asep Kuncir atau Askun ini menduga, pengangkatan dr. Fitra Hergyana seperti pernyataan yang dilontarkan oleh dr. Nanik Djokjana tersebut. Askun menduga hal ini, ada unsur kedekatan dengan unsur pimpinan daerah.

“Setahu saya, kalau tidak salah dalam SOP-nya itu, memang salah satu syaratnya haruslah seorang dokter. Tapi apakah tidak ada lagi orang selain dr. Fitra?, atau apakah memang ada kolusi dan nepotisme?. Yang lebih uniknya lagi, dr. Nanik mengatakan bahwa dr. Fitra ini menjadi Direktur RSUD. Dia ini (dr. Fitra, red) baru anak kemarin sore,” ungkap Askun baru-baru ini saat ditemui sejumlah awak media di Ball Room Hotel Swiss Bel-inn Karawang.

Pengamat pemerintah sekaligus praktisi hukum Karawang, Asep Agustian SH, MH. atau akrab disapa Asep Kuncir (Askun).

Lebih lanjut Askun mempertegas pernyataannya, ia menyayangkan atas pengangkatan Dirut RSUD Karawang tidak berdasarkan pada kompetensi dan kredibilitas pekerjaan.

“Sekarang gak usah pinter-pinter, dan gak usah jadi orang hebat untuk jadi pimpinan itu. Asalkan bisa dekat dengan siapapun, dan toh bisa menyelamatkan apapun itu, bisa menjabat menjadi direktur. Selain itu, apakah Covid-19 telah terhenti (penyebarannya, red)?. Kalau itu emang terhenti, kenapa di salah satu kampung harus sampai di Lockdown?. Berarti Covid-19 itu kan, masih ada,” tegas Askun.

Bahkan, Askun juga mempertanyakan prestasi apa yang telah diraih oleh seorang dr. Fitra Hergyana hingga ditunjuk dan dipercaya menjadi seorang Direktur Utama di RSUD Karawang. “Untuk itu, saya menilai dr. Fitra terlalu dini menjabat sebagai Dirut RSUD Karawang,” cetusnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang, Asep Aang Rahmatullah menjelaskan, jabatan Dirut RSUD Karawang akan diserahterimakan dari Plt Dirut, dr. Endang Suryadi kepada penggantinya dr. Fitra Hergyana, Jumat (04/06/2021) siang.

“Pejabat sebelumnya, dr. Endang Suryadi pindah tugas menjadi Kepala Dinas Kesehatan Karawang,” kata Aang kepada wartawan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Aang menambahkan, dr Fitra akan dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut RSUD Karawang, bukan pejabat defenitif. Sebab, jabatan Dirut yang defenitif itu harus ada persetujuan dari Menteri Kesehatan terlebih dahulu. “Benar dr Fitra yang menggantikan dr Endang sebagai Plt Dirut RSUD,” singkat Aang. (Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Advertisement