Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

EKONOMI & BISNIS

Sandiaga Uno Tegaskan Pekerja Pariwisata jadi Prioritas mendapat Vaksinasi Covid-19

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno. ©2021 AlexaNews.co.id/Istimewa.

Jakarta, AlexaNews.co.id – Kendati vaksinasi Covid-19 untuk para pelaku pariwisata merupakan sasaran gelombang ke dua program vaksin pemerintah yang gencar menyuarakan pemberian vaksinasi tersebut, akan tetapi hal yang diharapkan oleh pemerintah tersebut masih dirasa kurang optimal.

Sebab, menurut data dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), masih ada sejumlah daerah yang dimana Pemerintah Daerah-nya belum memberikan vaksin ke tenaga kerja Hotel dan Restoran sesuai program pemerintah, yang mana sektor usaha hotel dan restoran, merupakan sasaran gelombang ke dua program vaksin pemerintah.

Karena hal tersebut, membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, turut angkat bicara.

“PHRI melalui Dirjen P2P, telah mendata tenaga kerjanya untuk mendapatkan vaksin tahap dua. Dan data yang sudah terkumpul, sebanyak 102.000 tenaga kerja dari seluruh Indonesia,” ujarnya saat Weekly Press Briefing di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Jakarta, Senin (24/05/21).

Seperti diketahui, adapun pemerintah yang akhir-akhir ini gencar menyuarakan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada seluruh pelaku pariwisata, karena pada dasarnya bertujuan untuk kembali memulihkan serta membangkitkan sektor industri pariwisata di Tanah Air.

“Kemenparekraf mengimbau, agar tenaga kerja pariwisata, termasuk perhotelan menjadi prioritas penerima vaksin di tiap daerah,” tegas Sandiaga Uno mengimbau.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Diungkapkan Sandiaga Uno, dengan memberikan vaksinasi Covid-19 kepada pelaku pariwisata diharapkan, menjadi salah satu harapan untuk kembali tumbuh membangkitkan sektor industri pariwisata di Tanah Air.

“Serta, dengan vaksinasi para tenaga pariwisata ini, diharapkan menjadi salah satu upaya dalam menumbuhkan kepercayaan kepada konsumen,” jelasnya.

Disampaikan Sandiaga Uno mengatakan, data jumlah tenaga kerja perhotelan yang telah divaksinasi saat ini, telah dikumpulkan kepada pemerintah di daerah masing-masing.

“Di DKI Jakarta misalnya, jumlah pekerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di DKI Jakarta berjumlah 45.140 orang,” katanya

Tenaga kerja pariwisata di Jakarta ini, kata Sandiaga Uno, terdiri dari hotel, restoran, catering, event organizer, wedding organizer, bioskop, travel hingga BPW (badan perjalanan wisata).

“Kemudian dilanjutkan usaha golf, fitness, taman rekreasi, spa, dan lain-lain. Dari angka itu, baru sekitar 2,97 persenan, lebih tepatnya sekitar 1.342 orang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta,” terangnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Kembali ditegaskan Sandiaga Uno, pemberian vaksinasi Covid-19 terhapad seluruh pelaku pariwisata, akan terus dilakukan secara gencar.

“Tujuannya untuk kembali membangkitkan industri pariwisata Tanah Air. Kemenparekraf mengimbau, agar tenaga kerja pariwisata, termasuk perhotelan menjadi prioritas penerima vaksin di tiap daerah,” imbau Sandiaga Uno menegasan. (Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Advertisement