Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Satresnarkoba Bentuk Timsus Antisipasi Lonjakan Harga, Obat Corona masih Kosong di Apotek Karawang

Giat tim khusus Satresnarkoba Polres Karawang gencar awasi harga obat di belasan apotek di Karawang, Rabu (07/07/2021). Foto: Not/AlexaNews2021.

Karawang, AlexaNews.co.id – Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga obat di atas ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang berlaku selama masa pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM Darurat, Sat Res Narkoba Polres Karawang membentuk tim khusus (Timsus) dalam melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap harga obat di sejumlah apotek di Kabupaten Karawang.

Berdasarkan data yang diperoleh, harga sejumlah obat masih dalam taraf yang relatif normal. Meski demikian, ada juga obat-obatan yang kosong di sejumlah apotek di Karawang yang terdiri dari Favipiravir tablet, Remdevisir vial, Oseltamivir kapsul, Intravenous vial, Ivermectin tablet hingga Azitrhomycin tablet.

“Kita telah turun kelapangan untuk memantau langsung, sedikitnya ada 15 apotek di Karawang yang sudah dicek harga eceran tertinggi obatnya. Pengecekan tersebut dilakukan secara random atau acak,” kata Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra melalui Kasat Res Narkoba Polres Karawang, AKP Aji Setiaji kepada wartawan, Rabu (07/07/2021).

Dikatakannya juga, pengecekan ini dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (Kemenkes) RI tentang harga eceran tertinggi obat-obatan di masa pandemi Covid-19 berikut dengan penerapan Pemberlakuan Pembatas Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Timsus Sat Res Narkoba Polres Karawang saat melakukan pengecekan harga obat-obatan Corona di belasan apotek di Karawang, Rabu (07/07/2021). Foto: Iqi/AlexaNews2021.

“Kami melaksanakan kegiatan ini untuk menindaklanjuti perintah Kapolri, Kabareskrim, Kapolda Jabar beserta Kapolres Karawang. Serta Keputusan Menkes/4826/2021 tentang HET/harga eceran tertinggi obat dalam masa pandemi Covid-19,” jelas Aji.

Lebih lanjut Aji menuturkan, dengan adanya informasi dari masyarakat soal harga obat yang mengalami kenaikan, pihaknya mengerahkan personel dari tim khusus (Timsus) Sat Res Narkoba Polres Karawang untuk melakukan pemantauan secara langsung.

“Setelah di kroscek harga obat masih stabil, adapun ada kenaikan masih normal dan tidak sampai berlipat-lipat harganya,” tuturnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kami berpesan kepada penjual obat di apotek-apotek yang ada di Karawang, jangan menjual di atas HET. Bilamana ada yang menjual obat melebihi HET sampai berlipat-lipat, silahkan laporkan kepada kami dan akan ditindak secara hukum,” tegas Aji menambahkan.

Penulis: Rizqi Ramdani

Editor: Gusti Djunot

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Bulan Juli selalu menjadi moment yang spesial bagi salah satu mall di kawasan Galuh Mas Karawang, yakni Mall Karawang Central Plaza...

Berita

Indramayu, AlexaNews.co.id – Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat menambah kesulitan ekonomi masyarakat. Ditengah situasi seperti ini, Polri...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Guna melakukan persiapan pengamanan jelang hari raya Idul Adha 1442H/2021 yang jatuh tepat pada hari Selasa besok, 20 Juli 2021, jajaran...

Berita

  Karawang, AlexaNews.co.id – Dalam melaksanakan kegiatan penyekatan dan pengetatan di masa penerapan PPKM Darurat, Polres Karawang melakukan penebalan dengan penambahan pasukan di tiga...

Advertisement