Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

HOT NEWS

Takbir Keliling Dilarang, 8 Titik Akses Perkotaan dan Putaran Arah di Karawang Ditutup

Karawang, AlexaNews.co.id – Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan takbir keliling. Sebab, kegiatan tersebut dikhawatirkan menjadi sebuah Klaster baru penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karawang.

Hal tersebut diungkapkannya, menyusul dengan keluarnya Surat Edaran Bupati Karawang Nomor 451/2750/KESRA, tentang larangan takbir keliling.

“Kita menindaklanjuti surat edaran dari Kementrian Agama, MUI pusat, maupun edaran dari Bupati Karawang tentang pelarangan takbir keliling untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ungkap Rama kepada awak media, usai dirinya memimpin apel gelar pasukan persiapan larangan takbir keliling di halaman apel Mapolres Karawang, Rabu (12/05/2021) sore.

Diketahui bersama, hasil sidang Isbat pada Selasa (11/05/2021) kemarin, pemerintah telah menetapkan bahwa perayaan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, jatuh pada Hari Kamis (13/05/2021) besok.

Oleh karena itu, kata Rama, personel gabungan akan menutup sejumlah kawasan yang kerap dijadikan tempat untuk berkerumun saat melakukan konvoi atau iring-iringan kendaraan bermotor saat takbir keliling oleh masyarakat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Hal itu tentunya sudah menjadi tugas kita bersama dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang,” katanya.

Lebih lanjut Rama menuturkan, Polres Karawang (dalam hal ini Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang, red), bahwa akan ada operasi gabungan untuk penyekatan terhadap peniadaan ataupun pelarangan pada malam takbir keliling.

“Akan ada 8 titik akses jalan menuju perkotaa Karawang, akan ditutup oleh petugas gabungan mulai pukul 21.00WIB hingga pukul 24.00WIB. Bahkan untuk putaran arah atau U-Turn, juga akan ditutup oleh petugas dari Satlantas Polres Karawang bersama Dinas Perhubungan Karawang,” tuturnya.

Ke 8 titik itu, kata Rama, yakni Bundaran Peruri, Bundaran Perumnas, Depan Stasiun Karawang, Bundaran Galuh Mas (RSUD), Bundaran Mega Mall, Stadion Singaperbangsa, Bundaran Tugu Padi, dan Lapangan Karawangpawitan.

“Total akan kita gelarkan, hampir 350 personel gabungan. Dan kita akan melakukan penutupan terhadap titik-titik kerumunan yang biasanya pada setiap tahun menjadi tempat berkerumun bagi banyak orang,” ujarnya.

“Akan dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah perkotaan, dan akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test Swab Antigen secara acak, pada titik-titik itu,” pungkasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Hadir dalam apel gelar pasukan larangan takbir keliling, yakni Dandim 0604 Karawang Letkol INF Medi Harayo Wibowo, Ketua DPRD Karawang Pendi Anwar, Wakil Bupati Karawang H. Aep Saepulloh, dan sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karawang. (Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Advertisement