Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Tanpa Pengawasan, Pembangunan Gedung Perpustakaan SDN Kemiri II Jayakerta Diduga jadi Proyek “Siluman”

Sejumlah pekerja tengah terpantau melakukan aktivitasnya di lokasi yang diduga menjadi proyek “Siluman” pembangunan gedung perpustakaan SDN Kemiri II, Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, Kamis (29/07/2021). Foto: A. Shaleh/Tim Redaksi.

Karawang, AlexaNews.co.id – Sebuah proyek pembangunan di halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kemiri II, Desa Kemiri, Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, diduga merupakan proyek “Siluman”. Pasalnya, di lokasi pekerjaan itu tidak dilengkapi dengan plang atau papan nama kegiatan sebagai sumber informasi keterbukaan publik.

Dari penelusuran Tim Redaksi AlexaNews.co.id pada Kamis (29/07/2021) pagi hingga siang di lokasi tersebut, para pekerja di lokasi mengaku telah berada di lokasi selama beberapa hari untuk mengerjakan sebuah pengerjaan pembangunan gedung perpustakaan di SDN Kemiri II yang diduga menjadi proyek “Siluman” itu.

Seorang pekerja proyek yang namanya minta di inisialkan, D mengaku sejak awal dimulainya proyek membangun bangunan gedung perpustakaan itu hingga kini memang belum ada pemasangan papan informasi di area proyek tersebut di halaman SDN Kemiri II.

“Ini pembangunan (proyek) gedung perpustakaan, (memang) belum ada papan informasinya sejak awal pengerjaan proyek dimulai sampai sekarang juga. Pengerjaannya sudah berjalan tiga hari,” kata salah seorang pekerja di lokasi pembangunan yang diduga proyek siluman berinisial D kepada wartawan AlexaNews.co.id.

Masih dikatakan pekerja proyek berinisial D saat ditanya keberadaan dari mandor atau pemborong hingga petugas maupun pengawas yang mengawasi proyek itu, ia mengaku tidak tahu menau tentang keberadaan dari ke tiga orang itu. Bahkan ke tiganya juga belum pernah mendatangi lokasi pengerjaan pembangunan gedung perpustakaan ini.

“Mandornya belum datang, dari awal pengerjaan sampai sekarang. Pengerjaan yang sudah tiga hari berjalan sampai sekarang pun, mandor sama pemborongnya belum pernah ke sini semenjak pengerjaan awal pertama. Katanya mau kesini dengan (membawa) pengawas,” ungkapnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pondasi pembangunan gedung perpustakaan di halaman SDN Kemiri II yang diduga jadi proyek “Siluman” milik Disdikpora Kabupaten Karawang. Foto: A. Shaleh.

Untuk diketahui bersama, sebagaimana peraturan yang telah ditetapkan pemerintah kaitan “Proyek APBD” ini, di mana kewajiban untuk memasang plang atau papan nama pada sebuah kegiatan pengerjaan pembangunan ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2010 dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012.

Selain diduga menjadi proyek siluman karena tidak adanya papan nama kegiatan sebagai sumber informasi yang seharusnya terpasang di lokasi pembangunan gedung perpustakaan di SDN Kemiri II, pengerjaan ini juga diduga telah abai dan “mengangkangi” peraturan yang sepatutnya dilakukan para pemborong maupun pelaksana kontruksi pada kegiatan yang melibatkan penggunaan pada anggaran pemerintah sesuai dengan perpres tersebut.

Meski disinyalir sedang bermasalah, hal tersebut tentunya menuai sejumlah kecurigaan dari masyarakat karena tidak bisa ikut memantau dan mengontrol pengerjaan lantaran tak adanya papan informasi.

“Kalau perlu ke depannya, berikan saja tindakan atau sanksi kepada pemborong-pemborong yang disinyalir nakal akibat sudah mengabaikan untuk pemasangan papan nama proyek tersebut. Sehingga menjadi pelajaran untuk mereka agar lebih taat lagi dengan aturan soal keterbukaan ruang informasi publik masyarakat luas juga,” ujar warga sekitar, Muhammad Azka (25).

Namun sejumlah informasi yang diterima meja redaksi menyebutkan, pembangunan gedung perpustakaan di SDN Kemiri II melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) jenjang Sekolah Dasar (SD) pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Karawang di Tahun Anggaran (TA) 2021.

Sampul atau cover gambar kerja pembangunan gedung perpustakaan SDN Kemiri II yang diduga menjadi proyek “Siluman” milik Disdikpora Kabupaten Karawang. Foto: Tim Redaksi AlexaNews2021.

Dari sampul atau cover gambar kerja yang diterima meja redaksi, masih belum diketahui secara gamblang tentang masa pelaksanaan berikut dengan rincian jumlah anggaran pemerintah yang digunakan pada pembangunan itu.

Disamping itu, tertulis sebuah nama perusahaan (CV) di bidang konsultan, kontraktor dan engineering, yang beralamatkan di Warung Bambu Karawang Timur, Karawang ini, ditunjuk sebagai penyedia (pemborong) yang melaksanakan kontruksi pembangunan gedung perpustakaan di SDN Kemiri II.

“Sedianya, setiap kegiatan proyek dibarengi dengan pemasangan papan nama proyek sebagai bentuk transparansi dalam keterbukaan publik. Harus dipasang papan nama proyeknya agar kami sebagai masyarakat, juga berhak mengetahui besaran anggaran (nilai pengerjaan) yang disediakan untuk pembangunan tersebut,” pinta warga.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sementara dari pantauan di lokasi pengerjaan diduga proyek Siluman ini, kondisi bangunan sekolah sangat sepi dan hanya terlihat sejumlah aktivitas dari beberapa pekerja proyek saja. Saat menelusuri satu per satu ruangan pada sekolah tersebut tuk mencari pihak Kepala SDN Kemiri II berikut dengan guru maupun staf sekolah, hingga Kamis siang keberadaannya juga tak kunjung diketahui.

Oleh karena itu, hingga berita ini disampaikan belum ada keterangan resmi dari pihak manapun (termasuk sejumlah pejabat Disdikpora Karawang, red) guna menanggapi terjadinya dugaan proyek siluman pada pembangunan gedung perpustakaan di SDN Kemiri II, Kecamatan Jayakerta, Karawang. (Tim Redaksi).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Guna menindaklanjuti janji Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, kini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana ‘akan’ memberikan beasiswa pendidikan untuk anak yang ditinggal orangtuanya karena telah menjadi korban Covid-19. Saat...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, H. Asep Syaripudin menanggapi bantuan program Karawang Cerdas terkait nunggaknya biaya pendidikan di kampus swasta...

Berita

Bekasi, alexanews.co.id – Proyek Pekerjaan pembuatan taman di halaman kantor Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi menuai reaksi dari Ormas Gibas Sektor Kecamatan Kedungwaringin. Pasalnya, beberapa...

Advertisement