Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Hiburan

Tuai Kritikan Tajam, Penunjukan dr. Fitra sebagai Plt Dirut RSUD Karawang oleh Bupati dianggap Kolusi dan Nepotisme

Plt Direktur Utama RSUD Karawang, dr. Fitra Hergyana.

Karawang, AlexaNews.co.id – Adanya kebijakan penunjukan dr. Fitra Hergyana sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang oleh Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, menuai sejumlah kritikan tajam dari para tokoh masyarakat di Kabupaten Karawang.

Sebab, Bupati Cellica yang menunjuk sepupunya yakni dr. Fitra yang baru 1 1/2 tahun menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), ditunjuk sebagai Dirut RSUD tersebut dianggap kental dengan kolusi dan nepotisme alias kepentingtan kelompok dari jalur keluarga.

“Fitra dulunya tenaga honorer di RSUD Karawang. Kemudian diangkat ASN di lingkungan Pemkab Karawang tahun 2020 melalui seleksi CPNS 2019. Fitra kini menduduki jabatan juru bicara Satgas Covid-19 Karawang. Fitra adalah sepupu Bupati Cellica,” jelas Ketua LSM Lodaya Karawang, Nace Permana kepada wartawan, Kamis (03/06/2021).

Nace menjelaskan, jabatan Plt Dirut RSUD merupakan jabatan strategis, menyangkut pelayanan kesehatan masyarakat. Posisi tersebut harus diisi oleh orang yang tepat dan memiliki kafabelitas di bidangnya. Di Karawang, banyak dokter dengan gelar Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS) yang telah mengabdi lama di RSUD Karawang.

“Publik kemudian heran, kenapa memilih orang yang baru menjadi ASN dan belum punya pengalaman banyak di RSUD untuk menjadi Plt Dirut. Kami akan menolak kebijakan ini dengan cara demontrasi di halaman RSUD sesaat sebelum pelaksanaan pelantikan berlangsung,” tutur Nace.

Sementara itu, kepada wartawan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang, Asep Aang Rahmatullah menjelaskan jabatan Dirut RSUD Karawang akan diserahterimakan dari Plt Dirut, dr. Endang Suryadi kepada penggantinya dr. Fitra Hergyana, pada Jumat (04/06/2021) siang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pejabat sebelumnya, dr. Endang Suryadi pindah tugas menjadi Kepala Dinas Kesehatan Karawang,” kata Aang.

Aang menambahkan, dr Fitra akan dilantik sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Dirut RSUD Karawang, bukan pejabat defenitif. Sebab, jabatan Dirut yang defenitif itu harus ada persetujuan dari Menteri Kesehatan terlebih dahulu.

“Benar dr Fitra yang menggantikan dr Endang sebagai Plt Dirut RSUD,” singkat Aang. (Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Advertisement