Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Validasi Data Kemiskinan Ekstreme, ACW Pertanyakan Kinerja Dinsos dan BPS Karawang

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Direktur Alexa Corruption Watch (ACW), Ferry Alexi Dharmawan memastikan bahwa tidak seharusnya Kabupaten Karawang masuk dalam daftar 5 kabupaten/kota se-Jawa Barat dengan kategori kemiskinan ekstreme. Hal tersebut dia ungkapkan dalam keterangan resminya di kantor berita redaksi AlexaNews.co.id, di Karawang, pada Selasa (05/10/2021) siang.

“ACW berkepentingan untuk memastikan, bahwa Karawang tidak seharusnya masuk dalam kategori 5 besar itu,” ungkap pria yang juga akrab disapa Jambul Merah.

Pihaknya mempertanyakan dasar yang dinyatakan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, yang di mana ia mempertanyakan kenapa terjadi lonjakan jumlah yang menyebut Karawang dengan kemiskinan Extreme. Sedangkan untuk Kabupaten Karawang sendiri, adalah kabupaten/kota dengan UMK (upah minimum kabupaten/kota) terbesar se-Indonesia dan juga kota lumbung padi terbesar se-Jawa Barat.

“Jika naik, pertanyaannya kenapa naik dan apa yg menyebabkan kemiskinan itu. Benarkah kemiskinan jumlahnya bertambah di Karawang?, ataukah data-data dari Dinas Sosial dan BPS Karawang yang terkoneksi itu, tidak sinkron atau jangan-jangan ada validasi data yang salah dalam penginputannya?,” tanyanya.

Oleh karena itu, lanjut FAD, masuknya Kabupaten Karawang dalam daftar 5 besar kabupaten/kota se-Jawa Barat dengan kategori Kemiskinan Ekstreme tersebut, ACW mempertanyakan kredibilitas dan integritas atas kinerja yang dilakukan oleh Dinas Sosial dan BPS Karawang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Direktur Alexa Corruption Watch (ACW), Ferry Alexi Dharmawan.

“Jika terjadi kesalahan data atau bahkan mungkin kesengajaan, ACW harus hadir untuk memastikan bahwa kesalahan itu tidak boleh terjadi atau terulang di kemudian hari. Karena itu, diakui atau tidak, bisa mencoreng wajah Pemkab Karawang, yang di mana Kabupaten Karawang merupakan wilayah dengan industri terbesar se-Asia Tenggara. Dan Dinas Sosial beserta BPS Karawang harus bertanggung jawab atas kinerjanya dalam memberikan validasi data kepada pimpinannya,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, ekonomi adalah barometer pemerintah dalam menentukan garis kemiskinan. Adanya kesenjangan dalam garis kemiskiman, tentunya bisa juga disebabkan oleh gagalnya perkembangan ekonomi yang direncakan oleh pemerintah.

Menurut Ferry Alexi, RPJMD yang sudah dibuat oleh Cellica-Aep, sudah sangat pro terhadap rakyat dalam hal mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Akan tetapi, sambungnya, hal itu sepertinya tidak mampu dicerna dengan baik oleh para pembantunya, salah satunya di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang dan Dinas Koperasi UMKM Karawang.

“Disnakertrans gagal total dalam menciptakan lapangan pekerjaan di kota industri ini, hampir tidak ada upaya yg inovatif, monoton dan ortodok. Masih menjamurnya pungutan liar (pungli) yang sebenarnya bisa diselesaikan antara sinergitas Disnakertrans dengan APH (aparat penegak hukum) pun tidak dilakukan,” ungkap FAD.

“Kasihan Cellica-Aep, dua pembantunya di sektor ini lemah, gak bisa ngangkat program kerja mereka dalam mengentaskan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Karawang. Sebaiknya dicopot saja kepala dinasnya, adakan lelang jabatan dan ganti dengan yang lebih profesional dibidangnya,” tandasnya. (Boy/Not).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Komisi IV DPRD Karawang non Bamus (Badan Musyawarah) melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Karawang, Selasa (12/10/2021)....

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Karawang, Budi Cahyono mengklarifikasi soal ungkapan Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana dan Direktur Alexa Corruption...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Karawang, Budi Cahyono mengungkapkan bahwa data kemiskinan ekstrem di Kabupaten Karawang dihitung dari 1.040 sampel rumah...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Ekonomi adalah barometer pemerintah dalam menentukan garis kemiskinan. Adanya kesenjangan dalam garis kemiskiman, tentunya bisa juga disebabkan oleh gagalnya perkembangan ekonomi...

Advertisement