Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Waduh! Tengah Malam Rumah Warga “Diteror” Surat Cinta dari Kapolres Karawang?

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Demi menunjukan eksistensi kepolisian dalam menjaga kondusifitas keamanan lingkungan di Kabupaten Karawang, jajaran Polres Karawang kembali membuat terobosan inovasi dengan mengirimkan “Surat Cinta Kapolres Karawang” kepada warga. Kreatifitas akan terobosan inovasi terbarunya itu, dilakukan guna mendukung program kerjanya dalam mewujudkan kebijakan Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, yaitu menuju Polri yang Presisi (Prediktif, Responsibilitas, dan Transparansi Berkeadilan).

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono mengungkapkan bahwa pemberian Surat Cinta Kapolres Karawang kepada warga, dilakukan pihaknya agar warga mengetahui bahwasannya setiap malam hingga menjelang subuh, polisi selalu ada dan pernah datang berpatroli di sekitar lingkungan rumahnya untuk menjaga keamanan serta ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Setiap malamnya, personil Polres maupun Polsek-polsek jajaran yang melaksanakan giat patroli, dibekali sedikitnya 10 (sepuluh) surat yang sudah saya tanda tangani untuk diberikan kepada warga secara acak dan bergantian. Tujuannya agar masyarakat tahu bahwa kita pernah berkunjung di sekitar rumahnya saat sedang melakukan giat patroli malam sehingga mereka akan merasa aman, nyaman dan terjaga waktu istirahatnya,” ungkap AKBP Aldi Subartono kepada sejumlah awak media dalam siaran persnya melalui pesan WhatsApp, Kamis (07/10/2021).

 

Meski beberapa waktu lalu jajaran Polres Karawang telah meluncurkan sebuah aplikasi yang berbasis dapat memudahkan layanan masyarakat dengan kepolisian yang dinamakan aplikasi “Karawang Tangguh”, dan program terbarunya yang dinamakan “Lapor Pak Kapolres”, namun terobosan inovasi paling teranyarnya saat ini dengan pemberian “Surat Cinta Kapolres Karawang”, diyakini bisa mengantisipasi sejumlah kejahatan malam, khususnya 3C (Curas, Curat, dan Curanmor).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Karenanya, lanjut Aldi, petugas kepolisian yang bertugas dalam giat patroli setiap malamnya, akan memberikan surat cinta tersebut pada tengah malam atau dinihari sekitar pukul 00.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB kepada rumah-rumah warga yang dipilih secara acak.

Sehingga pada pagi harinya, kata Aldi, ketika warga telah terbangun dari tidurnya, akan terkejut karena di halaman rumah atau di bawah pintu depan rumahnya, menemukan sepucuk surat dalam amplop putih.

“Piket Pawas Polres Karawang sedang melaksanakan kegiatan Patroli rutin malam dan telah melintas di kediamannya, terpantau situasi kediamannya aman,” tulis isi pesan dari Surat Cinta Kapolres Karawang tersebut.

Usut punya usut, pemberian “Surat Cinta Kapolres Karawang” kepada masyarakat Kabupaten Karawang yang saat ini pelaksanaannya telah berjalan sejak hari Senin (04/10/2021) dinihari itu, sebenarnya merupakan salah satu pengalaman yang pernah dijalankan AKBP Aldi Subartono ketika masih menjabat sebagai Kapolsek di wilayah hukum Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sebab dalam pengakuan Aldi, hal itu merupakan sebuah kegiatan yang positif dan juga bisa diterapkan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. “Semoga masyarakat Karawang merasa aman, nyaman dan senang karena mendapat kejutan dari kami di pagi hari,” imbuhnya.

Sementara itu secara terpisah, Wahadi (38) yang merupakan salah seorang warga Desa Pancawati, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang dan pernah mendapat “Surat Cinta Kapolres Karawang”, mengaku sempat merasa terkejut saat dirinya membuka pintu rumahnya di pagi hari kemudian menemukan sepucuk surat dalam amplop putih yang terlihat ada tiga logo dan tulisan pada surat tersebut. Yang di mana di sisi kiri bagian surat terlihat logo Polda Jabar, gambar Polisi Presisi dan Lapor Pak Kapolres. Sedangkan sebelah kanannya, bertuliskan “Surat Cinta Kapolres Karawang”.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Wahadi yang merasa bingung dengan amplop tersebut, ia mengaku sempat mengira bahwa mungkinkah hal itu dilakukan oleh orang iseng. Namun sesaat setelah ia membuka isi surat dalam amplop itu, ada tulisan sebuah pesan berupa :

_Kepada Yth : Bapak dan Ibu Saderekku_

_Assalamu’allaikum warahmatullahi wabarakatu_
_Salam sejahtera untuk kita semua_
_Selamat malam Saderekku, perkenalkan Kami Piket Pawas Polres Karawang sedang melaksanakan kegiatan Patroli rutin, malam ini pada pukul …. WIB sedang melintas di kediaman Saderekku._
_Terpantau situasi kediaman Saderekku dalam keadaan aman, selamat malam dan selamat beristirahat, salam sehat._
_Jika terjadi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masayarakat di lingkungan Saderekku, silahkan melaporkan kepada kami melalui alamat yang terlampir._

_Dari Saderekmu_
_KAPOLRES KARAWANG_
_ALDI SUBARTONO, S.H., S.I.K., M.H._

Setelah membacanya, Wahadi baru menyadari jika surat tersebut diberikan oleh petugas polisi yang berpatroli melintasi rumahnya. “Saya paham ini merupakan tanda jika ada petugas yang patroli melintasi rumah kami. Kami warga merasa senang, karena diberikan rasa aman dengan adanya petugas berpatroli,” ujarnya. (Not).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Usai dilakukannya penangkapan terhadap EK alias Atut (27) seorang pengedar narkotika jenis sabu-sabu yang diringkus lima hari kemarin, Satuan Reserse Narkoba...

Berita

Jakarta, AlexaNews.co.id – Kabag Penum Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan meminta kepada masyarakat untuk tidak ragu dan tidak takut melaporkan adanya pinjaman online (pinjol)...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono memastikan, bahwa pihaknya tetap akan melakukan proses hukum terhadap enam pelajar yang terlibat aksi tawuran dengan...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – EK alias Atut (27), seorang pemuda asal warga Kampung Cengkong, Desa Suka Sari, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang ini dicurigai oleh masyarakat...

Advertisement