Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Warga Bekasi ini Terancam Hukuman Mati Gegara Bawa 4 Kg Ganja ke Karawang

Narkotika jenis ganja yang dibawa empat tersangka asal warga Kabupaten Bekasi ke Kabupaten Karawang. Foto: Reskoba_Krwng.

KARAWANG, AlexaNews.ID – Empat warga asal Kabupaten Bekasi, terancam mendapat hukuman mati usai berurusan dengan petugas kepolisian lantaran tertangkap basah akan mengedarkan narkotika jenis ganja dalam jumlah besar di Kabupaten Karawang. Ke empat tersangka diamankan polisi ketika Sat Res Narkoba Polres Karawang dan Polsek Karawang Kota melakukan patroli Cipta Kondisi (Cipkon) dan Operasi Yustisi di depan SPBU Wadas, Jalan Interchange Karawang Barat, Desa Wadas, Kecamatan Telukjambe Timur, pada Rabu (18/08/2021) malam sekira pukul 23.00 WIB.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono melalui Kasat Res Narkoba Polres Karawang, AKP Aji Setiaji dalam siaran persnya kepada awak media di Mapolres Karawang, pada Rabu (25/08/2021) siang.

Dikatakan Aji, penangkapan terhadap ke empat tersangka pengedar ganja bermula ketika petugas gabungan yang sedang melakukan patroli malam dan tengah melintas di depan SPBU Wadas melihat sekumpulan orang berdiam diri di dalam mobil yang terparkir di pinggir jalan, dan gerak-geriknya sangat mencurigakan.

“Petugas yang curiga pun langsung mendatangi mobil tersebut guna melakukan upaya pemeriksaan terhadap sekumpulan orang itu, namun saat hendak diperiksa orang-orang ini berusaha melarikan diri dari pemeriksaan kemudian para petugas yang mengejar mereka, berhasil menangkap ke empatnya,” terang Aji.

Setelah mengamankan ke empat orang tersebut, lanjut Aji, kemudian dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan. Termasuk kendaraan roda empat (R4) Etios warna silver yang digunakan gerombolan warga itu.

“Saat penggeledahan di dalam mobil, kami temukan satu kantong plastik besar berwarna hitam yang disembunyikan mereka di bawah jok mobil bagian belakang. Benar saja kecurigaan kami, dari plastik besar itu juga terdapat 4 bungkus plastik putih berlakban bening yang di dalamnya masing-masing berisikan bahan atau daun kering diduga narkotika jenis ganja dengan total berat sebanyak 4 kilogram (Kg),” terang Aji.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Barang bukti 4 Kilogram ganja siap edar yang dibawa empat tersangka asal warga Bekasi berhasil diamankan Satuan Reserse Narkoba Polres Karawang. Foto: Reskoba_Krwng.

Alhasil, kata Aji, ke empat tersangka yang diketahui asal warga Kabupaten Bekasi itu pun tak bisa mengelak lagi atas barang haram yang ditemukan petugas gabungan saat melakukan patroli malam guna mencegah rawannya kejahatan. Termasuk kejahatan akan peredaran berbagai jenis narkotika di pusat perkotaan Karawang.

“Ke empat tersangka yaitu Lupi alias Iwan (39) dan Solihin alias Lihin (38), keduanya asal warga Kampung Cibitung Timbangan, Desa Telagaasih, Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi. Sedangkan untuk Abdul Suryana alias Keong (38) merupakan asal warga Kampung Cerewet, Kelurahan Duren Jaya, Kabupaten Bekasi. Dan tersangka terakhir adalah Abi Wahid alias Wahid (22) asal warga Kampung Babakan, Desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi,” papar mantan Kasat Sabhara Polres Karawang ini menjelaskan.

Lebih jauh Aji menuturkan, pihaknya juga berhasil mengamankan satu unit ponsel milik tersangka Lupi yang digunakan sebagai alat komunikasi dengan seorang pria bernama Boy (masih DPO) untuk mengarahkan lokasi pengambilan narkotika jenis ganja.

“Hasil keterangan yang didapat dari mereka, rencananya 4 Kg ganja ini akan diedarkan diberbagai daerah di Kabupaten Karawang,” jelas Aji.

Selain itu, tim Reskoba Unit Idik 1 yang dipimpin IPDA Cepi Ismail selaku Kanit Idik 1 Sat Res Narkoba Polres Karawang, membawa para tersangka menuju ke daerah Kota Depok, Jawa Barat (tempat asal narkotika jenis ganja seberat 4 Kg). Hal itu dilakukan Kanit Cepi bersama timnya untuk melakukan pengembangan lebih lanjut guna mencari pemasok barang haram yang merusak generasi bangsa tersebut.

“Setelah di lakukan pengembangan hingga Kota Depok, pemasok narkotika untuk para tersangka masih buron. Meski demikian, ke empat tersangka beserta barang buktinya, telah kami amankan ke Rutan Polres Karawang guna kepentingan penyidikan lebih lanjut. Dan untuk tes urine mereka, hasilnya positif Amphetamine (pengguna narkotika jenis ganja, red),” kata Cepi.

Akibat perbuatan ke empat tersangka atas kepemilikan narkotika jenks ganja tersebut, tambah Cepi menegaskan, empat warga asal Kabupaten Bekasi ini akan dikenai Pasal 114 (2) jo 111 (2) jo 132 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Ancaman hukuman penjaranya, minimal 6 tahun dan maksimal hukuman mati atau seumur hidup,” tegas Kanit Idik 1 Sat Res Narkoba Polres Karawang, IPDA Cepi Ismail. (Don/Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Usai dilakukannya penangkapan terhadap EK alias Atut (27) seorang pengedar narkotika jenis sabu-sabu yang diringkus lima hari kemarin, Satuan Reserse Narkoba...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono memastikan, bahwa pihaknya tetap akan melakukan proses hukum terhadap enam pelajar yang terlibat aksi tawuran dengan...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang, membakar puluhan kilogram (kg) daun ganja kering siap edar hasil dari pengungkapan jaringan peredaran narkotika...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.co.id – EK alias Atut (27), seorang pemuda asal warga Kampung Cengkong, Desa Suka Sari, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang ini dicurigai oleh masyarakat...

Advertisement