Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Diterpa Kabar Jual Aset BUMDes Baharijaya, Bunseng: Tidak Benar

Satu dari lima unit perahu nelayan yang dikelola BUMDes Baharijaya, Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang.

KARAWANG, AlexaNews.co.id – Satu diantara lima unit perahu nelayan yang dikelola BUMDes Baharijaya (Badan Usaha Milik Desa) Cemarajaya, dikabarkan aset tersebut telah dijual dengan kisaran harga mencapai Rp 15.000.000,-. Ramainya kabar jual-beli ini, diduga dilakukan oknum yang mengatasnamakan pengurus BUMDes Baharijaya dengan seorang warga Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, meja redaksi AlexaNews.co.id menerima sebuah kiriman foto surat pernyataan jual-beli satu unit perahu nelayan dari salah satu narasumber, namun sumber tersebut enggan dipublikasikan identitasnya dan meminta untuk dirahasiakan keberadaannya.

Usut punya usut, foto surat pernyataam jual-beli tersebut lah yang kini menjadi perbincangan hangat warga desa setempat.

Adapun isi surat pernyataan itu, tertuang sebuah perjanjian jual-beli satu unit perahu nelayan yang menyeret nama Bunseng (43) selaku Direktur BUMDes Baharijaya sebagai penjualnya, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama pengurus BUMDes Baharijaya yang disebut pihak ke satu.

Warga Desa Cemarajaya diramaikan dengan beredarnya foto surat pernyataan jual-beli perahu nelayan BUMDes Baharijaya.

“Pada hari ini, Kamis tanggal 04 November 2021, kami dalam keadaan sehat badan sempurna akal tanpa adanya paksaan dari siapapun juga, bahwa kami telah menjual satu buah perahu nelayan lengkap mesin serta peralatannya berupa jaring kepada Carsono (43) yang selanjutnya disebut pihak kedua,” tulis isi surat pernyataan jual-beli satu unit perahu nelayan.

“Perahu lengkap dengan peralatannya kaami juga dengan harga Rp 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah). Demikian surat pernyataan jual-beli ini kami buat dan kami tandatangani bersama dengan kesepakatan kedua belah pihak, dan kepada yang berkepentingan agar menjadi tahu dan dapat mempergunakan surat pernyataan ini apabila diperlukan,” tulis isi surat tersebut yang kemudian terdapat tanda tangan kedua pihak, namun kolom mengetahui untuk Kepala Desa Cemarajaya, Yudi Chandia masih kosong alias tidak ditandatangani.

Menanggapi beredarnya kabar yang tengah menjadi buah bibir warga setempat lantaran namanya diseret dalam surat tersebut, dengan tegas Bunseng (43) membantah kabar miring soal dirinya yang dikabarkan menjual satu unit perahu nelayan milik aset BUMDes Baharijaya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Kabar miring tersebut tidak benar itu, informasi dari siapa kang?. Sebutin orangnya, itu pencemaran nama baik,” timpal Bunseng (43) selaku Direktur BUMDes Baharijaya saat dikonfirmasi ramainya kabar tersebut di kantornya, Rabu (17/11/2021).

Kantor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Baharijaya, Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang.

“Kalau bukti foto surat penjualannya saja, anak SD juga bisa buat. Yang surat aslinya ada enggak?. Kalau ada, tunjukan atau kabari ke pak lurah (Kades Cemarajaya, Rudi Chandia),” kilahnya.

Kemudian, lanjut Bunseng menjelaskan, aset milik BUMDes Baharijaya itu ada lima unit perahu. “Empat unit perahu sudah disewakan ke nelayan, satu unit perahu lagi masih ada dan belum tersewakan,” jelasnya.

Terpisah, hal senada juga diungkapkan Kades Cemarajaya, Rudi Chandia yang turut membantah tersiarnya kabar soal dijualnya sebuah perahu milik BUMDes-nya. Ia memastikan bahwa soal ramainya kabar miring yang yang mengatasnamakan Bunseng selaku Direktur BUMDes Baharijaya, merupakan hal yang tidak benar alias Hoaks.

“Saya yang baru mengetahui kabar tersebut, pengurus BUMDes, LPM, dan BPD Desa Cemarajaya, semuanya saya panggil ke rumah untuk mengetahui kebenaranya. Tetapi setelah ditelusuri, rupanya kabar Hoaks dan Bunseng juga membantah keras kalau dirinya tidak pernah menjual perahu tersebut,” kata Kades Rudi saat dikonfirmasi melalui panggilan teleponnya. (Ahmad Shaleh/Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

Karawang, alexanews.co.id – Sebanyak 657 warga dari beberapa dusun di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman akibat bencana banjir...

Berita

Karawang, alexanews.co.id – Pemerintah Kabupaten Karawang sudah menyiapkan beberapa opsi untuk menangani bencana banjir rob/abrasi di tiga kecamatan. Pemkab dan Kementrian Kelautan juga sudah...

Berita

Karawang, alexanews.co.id –  Banjir rob terjadi di beberapa wilayah sepanjang pantai Karawang pada Kamis (4/6/2020) malam dengan ketinggian air bervariasi. Banjir rob diantaranya merendam...

Berita

Karawang, alexanews.co.id – Pemerintah Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya sudah menyerahkan Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa kepada warga terdampak covid-19. Kepala Desa Cemarajaya, Yong...

Advertisement