Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Hukum & Kriminal

Kejaksaan Terus Dalami Dugaan Sejumlah Kasus Korupsi di Karawang

Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Karawang, Dannie Chaerudin.

Karawang, AlexaNews.co.id – Sejumlah kasus dugaan korupsi yang terindikasi adanya penyalahgunaan anggaran dalam setiap kegiatan pengadaannya hingga menimbulkan kerugian negara, terus didalami Kejaksaan Negeri (Kejari) Karawang.

Seperti halnya dua kasus dugaan korupsi yang terindikasi menimbulkan kerugian negara dan tengah didalami oleh Kejari Karawang, ialah kasus dugaan korupsi di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Karawang, serta dugaan korupsi di Dinas Pertanian Karawang.

“Untuk penanganan kasus dugaan korupsi pengadaan perahu di DKP Karawang, statusnya sekarang masih dalam tahapan pemeriksaan (audit) yang dilakukan oleh pihak Inspektorat Daerah Kabupaten Karawang,” ungkap Kepala Kejari (Kajari) Karawang, Rohayatie melalui Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Karawang, Dannie Chaerudin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (08/04/2021) siang.

Informasi yang dihimpun, tahapan pemeriksaan audit yang dilakukan oleh Inspektorat tersebut, antara lain melakukan pengecekan fisik perahu dari para kelompok penerima manfaat, berdasarkan aturan yang ada.

Untuk diketahui, pada Tahun Anggaran 2019, pemerintah melalui DKP Karawang telah menganggarkan Rp 1 Miliar untuk pengadaan 10 unit perahu dan akan diserahkan kepada kelompok nelayan yang tersebar di sejumlah wilayah pesisir Karawang.

Namun, pengadaan tersebut diduga tidak sesuai spesifikasi (Spek) yang direncanakan. Sehingga terindikasi menimbulkan kerugian negara dan kini kasusnya, terus didalami Kejari Karawang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Selain Dinas Kelautan dan Perikanan Karawang, kata Dannie,  penanganan kasus dugaan korupsi penyelewengan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dinas Pertanian Karawang senilai Rp 9.5 Milliar Tahun Anggaran 2019 berupa proyek Damparit, kini sudah hampir rampung pemberkasannya.

“Hanya saja, saat ini masih pemeriksaan dan memanggil kelompok tani (Poktan) yang lebih dari 100 orang untuk menyelesaikan kasus ini,” terangnya.

Adapun yang menjadi kendala kasus dugaan korupsi damparit Dinas Pertanian Karawang terkesan lama penanganannya, kata dia, lantaran harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini (pandemi Covid-19, red). Sehingga, pihaknya harus menunda pemanggilan saksi karena pertimbangan Covid-19.

Disinggung terkait laporan proyek pembangunan gedung Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang menelan anggaran sampai miliaran rupiah, tak kunjung selesai.

Dannie mengaku sudah menerima laporan soal proyek pembangunan gedung Fasilkom Unsika. Meski dirinya tidak menerangkan soal waktu laporan tersebut secara rinci, tetapi pihaknya tetap akan melaksanakan tugas dengan semestinya.

“Memang ada laporan terkait soal pembangunan gedung Fasilkom Unsika, dan kita sudah terima laporannya. Namun, dalam proses menindaklanjuti sebuah kasus sangat tidak sembarangan. Ada beberapa prosedur yang harus dilakukan,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Setelah laporan kita terima, sampai saat ini kita baru melakukan tahap klarifikasi kebenaran soal laporan tersebut kepada yang berkaitan,” terangnya.

Terakhir, terkait dengan laporan informasi skandal pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sebanyak 5% yang dipotong secara sepihak oleh pihak Bank Jabar Banten (BJB) terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang ke Kejari Karawang.

Dannie mengaku telah menerima laporan informasi yang dilaporkan oleh Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang, Rakhmat Gunadi bersama Kuasa Hukumnya, Asep Agustian.

“Berkas laporannya sudah kami terima. Laporannya sedang dipelajari dan ditelaah oleh tim (penyidik, red),” pungkasnya. (ALD).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Terkait dengan kasus korupsi proyek pembangunan Damparit yang dilakukan instansi pemerintahan di Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Karawang saat mengelola bantuan Dana...

Berita

Karawang, AlexaNews.ID – Wabah pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir hingga saat ini, tentu menyisakan sejumlah tanggungjawab dari berbagai pihak untuk turut membantu percepatan...

Berita

Karawang, AlexaNews.ID – Meski tengah diterpa berbagai isu miring yang melanda Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang maupun Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang (UNSIKA), rupanya...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Sebanyak 300 paket bantuan berupa buah-buahan, disalurkan PT. Pupuk Kujang Cikampek (PKC) kepada ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Karawang. Hal itu...

Advertisement