Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Sepekan Bertambah 3.793, Karawang jadi Penyumbang COVID-19 Tertinggi di Jabar

Ilustrasi virus Corona. FOTO: Istimewa/AlexaNews2021.

Karawang, AlexaNews..co.id – Melonjaknya laju kasus terkonfirmasi virus Corona di Kabupaten Karawang dalam satu pekan terakhir, menjadi penyumbang tertinggi penyebaran COVID-19 di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Hal itu diungkapkan Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, dr. Fitra Hergyana Sp.KK,.

Meski demikian, Fitra menyebutkan data yang berdasarkan dari perolehan data pantauan pada periode 21-27 Juni 2021 tersebut merupakan bukti bahwa tim Tracing telah bekerja dengan baik.

“Saat ini, Kabupaten Karawang berada dalam zona merah (penyebaran COVID-19). Oleh karena itu, pelaksanaan PPKM akan kita perketat,” ujar Fitra dalam keterangan resmi yang diterima meja redaksi Kantor Berita AlexaNews.co.id, Rabu (30/06/2021).

Sesuai dengan intruksi Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, lanjut Fitra, bahwa orang yang kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi virus Corona, akan mendapatkan fasilitas swab di Puskesmas.

Fitra juga menyebutkan bahwa petugas pun, telah melakukan upaya dengan mendatangi orang yang melakukan kontak erat guna dilakukan tes swab. “Dalam satu minggu, Karawang mencatat 3.793 kasus yang terkonfirmasi (COVID-19),” ujarnya.

Oleh karenanya, kata Fitra, saat ini protokol kesehatan (prokes) terus ditambah menjadi 6M yang diantaranya ialah menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dan yang terakhir, ialah menghindari makan bersama. Karena saat makan bersama dan berhadapan, disitu ada kelengahan prokes hingga banyak kasus penularan saat makan bersama,” kata Fitra.

Kabar baiknya, beber Fitra, Karawang mendapatkan apresiasi dari Kementerian Kesehatan sebagai 10 kabupaten atau kota terbaik yang memperhatikan para tenaga kesehatannya.

“Karawang ada di peringkat ke sembilan se-Indonesia yang memberikan insentif kepada para nakes sebagai bentuk apresiasi karena telah bekerja keras melawan pandemi COVID-19 ini,” ungkapnya.

Namun, berdasarkan Data Pantauan COVID-19 di Kabupaten Karawang (sumber Dinkes Karawang) yang dirilis pada Rabu, 30 Juni 2021, pukul 12.00WIB, sebanyak 26.295 total masyarakat yang terkonfirmasi virus corona.

Dari total 26.295 orang yang terkonfirmasi C)VID-19 tersebut, diantaranya 21.584 orang dinyatakan telah sembuh, sedangkan 939 orang masih dirawat di RS, dan sementara 2.820 orang kini masih melakukan isolasi mandiri hingga ratusan nyawa meninggal dunia sebanyak 952 orang karena terpapar COVID-19. (Gusti Djunot/Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Sebanyak 300 paket bantuan berupa buah-buahan, disalurkan PT. Pupuk Kujang Cikampek (PKC) kepada ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Karawang. Hal itu...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id РSejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Karawang, kini mulai menerima dosis vaksin booster atau vaksinasi ketiga. Yaitu dengan menggunakan vaksin Moderna. Menurut...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Angka kesembuhan terhadap pasien Covid-19 di Kabupaten Karawang, terus menunjukan grafik yang positif. Dari data yang dihimpun, per tanggal 18 Agustus...

Berita

  KARAWANG, AlexaNews.ID – Guna menumbuhkan herd immunity dan sebagai upaya pencegahan sebaran Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang kian gencar melakukan vaksinasi bagi masyarakatnya...

Advertisement