Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

PPKM Level 4 Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Bantuan Sosial

Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

Jakarta, AlexsaNews.co.id – Kebijakan pemerintah pusat akan membatasi kegiatan masyarakat untuk menekan kasus Covid-19 di Pulau Jawa-Bali di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang berakhir pada Minggu (25/07/2021) ini, kembali diperpanjang hingga 2 Agustus 2021.

Keputusan diperpanjangnya masa penerapan PPKM level 4 tersebut, resmi disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers-nya secara virtual yang ditayangkan kanal YouTube Sekretariat Presiden di Istana Negara, Jakarta, Minggu (27/07/2021) malam.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, ekonomi dan aspek dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari 26 Juli sampai 2 Agustus 2021,” kata Jokowi.

Disampaikannya, pertimbangan aspek kesehatan yang harus dihitung secara cermat dan pada saat yang sama aspek sosial terhadap roda perekonomian masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari juga, harus diprioritaskan.

“Namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati,” ujar Jokowi.

Oleh karenanya, lanjut Presiden Jokowi, dalam relaksasi PPKM level 4 dengan pelonggaran terhadap pelaku usaha kecil ini sejumlah aturan diubah. Seperti pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok, kata dia, bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen dengan jam buka operasional yang terbatas, yakni sampai pukul 15.00 WIB.

“Usaha-usaha kecil seperti pedagang kaki lima (PKL) diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai jam tertentu. Sementara PKL, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis, diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 WIB sesuai aturan teknis yang diatur pemerintah daerah,” jelasnya.

Lebih jauh Jokowi mengatakan, untuk warung makan, PKL, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka, juga diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 WIB. Maksimum waktu makan untuk setiap pengunjungnya ialah 20 menit.

Meski demikian, Jokowi juga meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan pemberian bantuan sosial bagi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dimasa penerapan PPKM level 4.

“Untuk mengurangi beban masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini, pemerintah daerah juga harus meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat dan bantuan untuk usaha mikro kecil,” terang Jokowi menegaskan.

Sedangkan untuk hal-hal tekhnis lainnya terkait relaksasi PPKM level 4, tambah Jokowi, akan dijelaskan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan beserta sejumlah menteri lainnya. (Iqi/Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh memberikan apresiasinya terhadap peranan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karawang yang bisa menjembatani komunikasi antara...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Sebanyak 300 paket bantuan berupa buah-buahan, disalurkan PT. Pupuk Kujang Cikampek (PKC) kepada ratusan tenaga kesehatan (nakes) di Karawang. Hal itu...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Angka kesembuhan terhadap pasien Covid-19 di Kabupaten Karawang, terus menunjukan grafik yang positif. Dari data yang dihimpun, per tanggal 18 Agustus...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang, menggelar vaksinasi Covid-19 untuk ratusan seniman dan budayawan di Karawang. Kegiatan vaksinasi yang digelar...

Advertisement