Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

KPU Pastikan Tak Rubah Jadwal Pemilu 2024

Ilustrasi.

JAKARTA, AlexaNews.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan tidak merubah usulan jadwal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di tahun 2024. Adapun pelaksanaan pesta demokrasi tersebut, KPU tetap menginginkan digelar Februari 2024 mendatang.

“KPU dengan mempertimbangkan peraturan perundang-undangan dan berbagai faktor lainnya, seperti penyelenggara, tahapan, dan lainnya, sampai hari ini usulan KPU (bersifat tetap) dan pemilu (dilaksanakan) 21 Februari 2024 mendatang,” ujar Komisioner KPU, I Dewa Raka Sandi dalam siaran tertulisnya kepada awak media, Minggu (14/11/2021).

Dewa menjelaskan, penentuan jadwal tahapan pemilu merupakan kewenangan KPU. Namun, pihaknya berusaha terbuka dan mendengar berbagai masukan, baik dari pemerintah maupun DPR RI.

“Harapan kami ada solusi. Dan pada saatnya nanti, memang semua pihak dapat menyepakati apa yang memang telah menjadi kajian serta pertimbangan dalam proses perancangan tahapan (Pemilu 2024),” tutur dia.

Menururnya, saat ini KPU tengah menunggu jadwal rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI terkait penetapan jadwal Pemilu 2024. “KPU telah mengantongi kajian yang kuat dalam mengusulkan waktu pelaksanaan Pemilu 2024,” tuturnya.

Sementara itu, anggota KPU, Pramono Ubaid Tanthowi menyebut bahwa beban penyelenggara terlalu berat bila pemungutan suara pemilu digelar 15 Mei 2024 dan pilkada digelar November 2024. Sebab menurutnya, KPU butuh persiapan yang cukup.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Yang paling penting bagi KPU, masing-masing di tiap tahapan pemilu itu, cukup waktunya. Namun bila penyelenggaraan pemilu digelar pada Mei 2024 dan pilkada digelar November 2024 mendatang, waktu dari pemungutan suara pemilu ke tahapan awal pilkada sangat lah singkat. Bahkan, tahapan awal pilkada bisa bersamaan dengan hari pemungutan suara pemilu,” jelasnya.

Oleh karena itu, tambah Pramono, KPU berharap jadwal pemungutan suara pilkada bisa digeser menjadi Februari 2025, apabila opsi pemilu tetap digelar pada 15 Mei 2024.

“Bila pilkada tetap ingin digelar November 2024, KPU ingin pemungutan suara pemilu nasional digelar Februari 2024. Sehingga, penyelenggaraan keduanya tidak saling tumpang tindih,” tambahnya. (Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

JAKARTA, AlexaNews.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi), hari ini menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD 2021 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta. Berikut isi...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Karawang, H. Sukur Mulyono SH., dengan tegas mengaku bahwa dirinya tidak ada hasrat atau niatan untuk...

Berita

Karawang, alexanews.co.id– Proses pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Karawang hasil Pilkada 2020 ditunda. Padahal Bupati Karawang saat ini akan berakhir masa jabatannya...

Berita

Karawang, alexanews.co.id– Guna mematuhi protokol kesehatan jelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang 2020. Tiga pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Karawang periode 2020-2025...

Advertisement