Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Kisah Pilu Mak Kariyem, Nenek Sebatang Kara yang Dibangunkan Istana oleh Wabup Karawang

Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepulloh SE (kiri) bersama seorang nenek berusia 60 tahun bernama Mak Kariyem (kanan). Foto: Ist.

Karawang, AlexaNews.ID – Kehidupan seorang wanita lanjut usia (lansia) bernama Mak Kariyem (60), kisah pilunya sangat memprihatinkan bagi semua orang. Pasalnya, nenek asal warga Kampung Pacogreg, RT 13, RW 05, Desa Cilewo, Kecamatan Telagasari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang hidup sebatang kara ini, tinggal disebuah gubug reyot lebih dari 45 tahun lamanya.

Tempat tinggalnya yang jauh dari kata layak huni di gubug beralaskan tanah seluas 6 x 5 m2, tempat tidur dan dapur menyatu dengan seluruh isi gubug yang dianggapnya sebagai sebuah istana kecil untuk berlindung dari panasnya terik matahari, dinginnya angin malam, serta berlindung dari derasnya hujan yang membasahi tiap sudut istana kecil Mak Kariyem yang hanya terbuat dari bilik bambu sebagai temboknya. Akan tetapi, mungkin istana kecilnya itu masih terus menyimpan jutaan kenanganan manis akan kebersamaan ia dengan keluarganya hingga menjadi satu-satunya harta benda paling berharga yang dimilikinya.

Guratan kepedihan, pun keikhlasan akan menjalani kehidupan yang digambarkan secara jelas oleh Mak Kariyem, juga tak luput dari kondisinya yang saat ini diketahui sedang mengalami sakit keterbelakangan mental dikarenakan depresi. Terlebih untuk kehidupan sehari-harinya, ia juga bergantung dari belas kasihan warga sekitar.

Kondisi istana kecil, harta benda yang dimiliki Mak Kariyem (60) seorang nenek sebatang kara asal Desa Cilewo, Kecamatan Telagasari, Karawang. Foto: Ist.

Kisah pilu nenek tua renta yang telah berpisah dengan mendiang suaminya sejak tahun 2001 ini pun, kisahnya sampai terdengar ke telinga orang nomor dua di Kabupaten Karawang. Yaitu Wakil Bupati (Wabup) Karawang, H. Aep Saepulloh SE.

Tak ingin berdiam diri usai mengetahui informasi tersebut, Wabup Aep pun bergegas menuju istana kecil yang dimiliki Mak Kariyem untuk melihatnya secara langsung akan kondisi kehidupannya, serta kondisi istana kecilnya.

“Ada yang langsung melaporkannya ke saya secara pribadi (soal kondisi rumah dan kehidupan Mak Kariyem, red). Sewaktu di lihat foto-fotonya dan di lihat langsung secara selektif sama kita di lokasi, Subhannallah ternyata sangat luar biasa sekali perjuangan hidup dari Mak Kariyem yang hanya tinggal seorang diri,” kata Wabup Aep kepada awak media, Minggu (29/08/2021).

Karena hal itu, atas keprihatinan dan kepekaan serta inisiatifnya, Wabup Aep pun langsung memutuskan untuk membangun kembali istana milik Mak Kariyem menjadi sebuah Rumah Layak Huni (Rulahu).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berdiri di tengah istana kecil milik Mak Kariyem, Wabup Aep akan membangunnya kembali menjadi istana layak huni. Foto: Ist.

Dalam kunjungannya yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Karawang yaitu Baehaqie, Wabup Aep pun meminta kepada Baehaqie agar pembangunan rumah untuk Mak Kariyem bisa di mulai besok, Senin (30/08/2021), dan dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang cepat.

InsyaAllah, istana kecilnya Mak Kariyem, mulai besok akan langsung kita bangun kembali. Melalui program pembangunan Rutilahu DPRKP Karawang, istana kecil Mak Kariyem akan selesai dalam waktu 15 hari. Sedangkan untuk peralatan rumah tangga dan sembako, gak perlu nunggu besok, hari ini juga langsung saya berikan untuk kegigihan perjuangan hidup beliau. Alhamdullilah senyum kebahagiaan di raut wajah beliau pun kini sudah mulai terlihat,” ungkap Wabup.

Selain itu dikatakannya juga, Pemkab Karawang yang memiliki program pembangunan Rutilahu melalui DPRKP Karawang, akan terus berupaya seoptimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni bagi masyarakat.

Guratan kepedihan akan keikhlasan hidup dari kisah pilu Mak Kariyem (kanan), membuat Wabup Aep (kiri) bersemangat untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat Karawang. Foto: Ist.

Advertisement

Hal itu menurutnya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Karawang, khususnya mewujudkan hunian yang layak bagi masyarakat kurang mampu, maka secara selektif Pemkab Karawang akan terus berupaya dalam memprioritaskan program pembangunan Rutilahu menjadi bangunan Rulahu.

“Masyarakat Karawang akan kita bantu semaksimal mungkin, agar kinerja kita betul-betul dirasakan masyarakat. Terlebih hingga saat ini, sepanjang tahun 2021, Pemkab Karawang telah sukses merealisasikan program Rulahu sebanyak 1.617 unit,” jelasnya.

Sementara itu, Mak Kariyem (60) selaku pemilik rumah mengaku terharu atas kepedulian Wabup. Ia mengaku, bak mimpi di siang bolong, di mana ia sendiri kaget melihat orang nomor dua di Karawang datang menemuinya dan membangunkan istana kecil untuknya.

“Seneng banget bisa diperhatiin sama pak Wabup. Karena kehidupan sehari-hari emak, hanya mengandalkan uluran tangan dari tetangga dan saudara-saudara terdekat saja,” pungkasnya. (Not/Red).

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Karawang, H. Aep Syaepulloh mengimbau kepada warga agar tidak terpengaruh dan tidak percaya terhadap informasi palsu atau...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh, secara langsung melepas pemberangkatan dua armada truk pengangkut 31 ton beras bantuan sosial (bansos) untuk...

Berita

Karawang, AlexaNews.ID – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76, kini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang resmi memiliki Mall Pelayanan...

Berita

  Karawang, AlexaNews.ID – Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-76 yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang, Pasukan Pengibar...

Advertisement