Connect with us

Hi, what are you looking for?

alexanews.co.id

Berita

Lomba Ketuk Tilu Karawangan, Disparbud: Diharapkan bisa Memantik Semangat para Seniman Karawang

Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disparbud Kabupaten Karawang, Dadan Hendrayana. Foto: Dok. Redaksi AlexaNews2021.

Karawang, AlexaNews.ID – Usai  memasuki tahapan pendaftaran berakhir, Dinas Pariwisata, dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang tengah bersiap untuk menggelar lomba Ketuk Tilu Karawangan. Rencananya, lomba yang digelar Disparbud Karawang secara virtual tersebut akan diadakan di Mall Technomart, kawasan Galuh Mas, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada Kamis, 19 Agustus 2021 mendatang.

“Total pendaftarnya mencapai 139 peserta. Namun setelah diseleksi kembali dewan juri, hanya terdapat 35 karya peserta yang nantinya siap untuk dipentaskan,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disparbud Karawang, Dadan Hendrayana kepada AlexaNews.ID, Senin (16/08/2021).

Dikatakannya, perlombaan cukup bergengsi yang digelar Disparbud Karawang di Mall Technomart Karawang secara virtual ini, nantinya akan dilangsungkan sejak Kamis (19/08/2021) pagi.

“Secara tekhnis, peserta tidak langsung tampil di panggung acara. Namun yang kita tampilkan itu, ialah sebuah pementasan karya video yang disiarkan secara langsung, atau Live Streaming melalui akun YouTube resmi Disparbud Karawang,” jelas Dadan.

Dinas Pariwisata, dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang menyelenggarakan Lomba Virtual Ketuk Tilu Karawangan di Mall Technomart, kawasan Galuh Mas Karawang pada Kamis (19/08/2021) pagi mendatang. Foto: Instagram @disparbudkrwkab_.

Menurutnya, lomba virtual Ketuk Tilu Karawangan merupakan bentuk perhatian Disparbud Karawang kepada para pegiat seni di Karawang, yang mana saat ini kegiatan-kegiatan atau event kesenian sangat lah terbatas, sehingga berdampak redupnya eksistensi para seniman di kota yang dijuluki sebagai Kota Pangkal Perdjuangan.

“Di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, kita tentunya sangat memahami betapa terbatasnya event-event kesenian saat ini. Maka, dengan adanya perlombaan Ketuk Tilu Karawangan ini diharapkan bisa memantik kembali semangat kreatifitas seni dari warga Karawang. Utamanya untuk menghidupkan kembali eksistensi kesenian di tengah pandemi,” paparnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun darinya, dalam lomba virtual Ketuk Tilu Karawangan ini nantinya, lanjut Dadan menambahkan, akan terdapat empat kategori perlombaan yang bakal dipentaskan oleh Disparbud Karawang dari seluruh peserta lomba.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Pertama, kategori lagu Geboy untuk tunggal SD Kelas 1-3, dan tunggal SD Kelas 4-6. Lalu selanjutnya ada kategori lagu Gaplek untuk tunggal tingkat SMP, SMA, atau umum. Kemudian pada kategori terakhir, ada lagu Kangsreng untuk Rampak Umum tingkatan SMP, SMA, dan Mahasiswi,” tambahnya. (Gusti Djunot/Red).

Berita Yang Mungkin Anda Sukai

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Dinas Pariwisata, dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang sukses menggelar lomba Ketuk Tilu Karawangan. Perlombaan secara virtual yang digelar di Lantai I...

Berita

KARAWANG, AlexaNews.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang, menggelar vaksinasi Covid-19 untuk ratusan seniman dan budayawan di Karawang. Kegiatan vaksinasi yang digelar...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Guna membantu pulihkan kesehatan dan ekonomi untuk seniman dan budayawan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karawang akan menggelar vaksinasi massal...

Berita

Karawang, AlexaNews.co.id – Di tengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Kabupaten Karawang, rupanya tak membuat pengelola tempat hiburan malam (THM) mati akal. Betapa...

Advertisement